Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Agama merupakan pedoman bagi manusia, keberadaan agama berkaitan erat dengan kehidupan manusia dan tidak dapat dipisahkan dengan berbagai ilmu pengetahuan yang menunjang pengetahuan manusia itu sendiri. Sehingga agama dapat dilihat dari berbagai perspektif sesuai dengan disiplin ilmu yang digunakan sebagai sudut pandang. Salah satunya ialah psikologi, dalam hal ini semua pembahasan mengenai agama berdasarkan pada tinjauan ilmu psikologi.

Ilmu psikologi itu sendiri merupakan disiplin ilmu yang otonom karena memiliki keterkaitan dengan masalah-masalah menyangkut kehidupan batin manusia yaitu agama. Sehingga hubungan antara kesadaran agama dan tingkah laku agama dapat dipelajari melalui pendekatan psikologi.

Para psikolog menilai bahwa hubungan manusia dengan kepercayaannya itu dipengaruhi sekaligus mempengaruhi faktor kejiwaan. Proses dan sistem hubungan ini menurut mereka dapat dikaji secara empiris dengan menggunakan pendekatan psikologi. Misalnya saja sis yang termuat dalam doa-doa atau perilaku keberagamaan dapat dilihat dari motivasi yang melatarbelakanginya. Demikian pula mengenai aspek-aspek keagamaan lainnya yang diperlihatkan manusia dalam sikap dan tingkah laku mereka menurut para psikolog ada kaitannya dengan aspek kejiwaan manusia.

Lalu apa pengertiannya psikologi agama?

Sehubungan dengan itu, pakar Robert H. Thouless berpendapat bahwa psikologi agama merupakan cabang dari psikologi yang bertujuan mengembangkan pemahaman terhadap perilaku keagamaan dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip psikologi yang diambil dari kajian terhadap perilaku bukan keagamaan.

Sedangkan menurut Prof. Dr. Zakiah Daradjat, psikologi agama meneliti dan menelaah kehidupan beragama pada seseorang dan mempelajari seberapa besar pengaruh keyakinan agama dalam sikap dan tingkah aku serta keadaan hidup pada umumnya. Disamping itu psikologi agama juga mempelajari pertumbuhan dan perkembangan jiwa agama pada seseorang, serta faktor-faktor yang mempengaruhi keyakinan tersebut (Zakiyah Daradjat, 1970 : 11). Dengan demikian psikologi agama merupakan cabang psikologi yang meneliti dan mempelajari tingkah laku manusia dalam hubungan dengan pengaruh keyakinan terhadap agama yang dianutnya serta kaitannya dalam perkembangan usia masing-masing. Upaya untuk mempelajari tingkah laku keagamaan tersebut dilakukan melalui pendekatan psikologi jadi penelaahan tersebut merupakan kajian empiris.

Post a Comment