Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Compact disc, atau sering disebut dengan CD, adalah piringan optikal yang digunakan sebagai media penyimpanan data. Compact disc, dapat dibaca melalui media yang disebut dengan CD ROM atau DVD ROM. Pada awalnya, compact disc hanya digunakan sebagai media penyimpanan audio. Namun seiring dengan perkembangan, media ini digunakan juga sebagai media penyimpanan umum, selain audio.

Ukuran compact disc ada beberapa macam, dan secara umum yaitu: berdiameter 12 centimeter, serta untuk ukuran dibawahnya adalah: 8 centimeter. Kapasitas compact disc 700 mb, dan untuk ukuran sekarang 700mb itu dapat dibilang sangat kecil.

Selain compact disc, ada juga DVD disc. Secara fisik ialah sama, karena memiliki ukuran yang sama. Namun jika dilihat dari kapasitasnya, DVD memiliki daya tampung lebih banyak. Pada awalnya DVD digunakan untuk menyimpan video.
Dilihat dari namanya, DVD (digital video disc) sanggup menyimpan lebih dari tiga kalinya compact disc. DVD memiliki daya tampung antara: 4 hingga 8 GB (DVD layar ganda).

Perkembangan teknologi penyimpanan dalam bentuk cakram tidak berhenti pada DVD. Meski daya tampung DVD sudah besar, kini hadir dengan ukuran yang lebih besar lagi, yaitu yang disebut dengan HD-DVD. Media cakram optik HD-DVD memang dirancang untuk menggantikan DVD. Daya tampung yang dimuat hingga mencapai: 30 Gigabyte.

Standar format HD-DVD dikembangkan oleh perusahaan Toshiba dan NEC. Namun, format kapasitas besar ini memiliki tandingan yang disebut dengan Blue Ray. Format Blue Ray dikembangkan oleh perusahaan Sony.

Halaman Terkait:
| Perangkat keras penyimpan | Hard disk | Disket | Flash disk |

Post a Comment