Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Tag : Fakta tentang bintang | cahaya bintang | usia bintang | menentukan usia bintang | misteri bintang


Apa yang ada dalam pikiran anda saat melihat cahaya bintang yang bertebaran memenuhi langit malam yang hening ?


kardinata-skp.blogspot.com

Tentu akan beranekaragam jawaban untuk pertanyaan diatas, tergantung dari posisi kita.

Dilihat dari posisi diatas genteng, maka kemungkinan ada yang akan menjawab '' sial,, ternyata genteng rumahku gak cukup tinggi buat meraih bintang '' ( hhha, )

beda lagi bagi seorang penyair, kemungkinan seorang penyair akan menjawab '' Seberapapun banyak bintang yang bertebaran dengan indahnya dilangit malam, tidak akan bisa untuk menandingin keindahan senyum mu walau hanya untuk senyuman palsu '' ( buset bro.. Hhah )

lalu bagaimana dengan jawaban cewek cewek galau ? Inilah kemungkinan jawabannya '' oooh bintang, bisakah engkau turun untuk menerangi hatiku yang hening ini, '' ( insyaAllah bisa ) ---> jawab sebuah bintang yang sedang menulis artikel ini . ^ _ ^

Back to topic. ^ _ ^

Taukah anda kalau cahaya bintang yang kita lihat bukanlah bentuk dari cahaya bintang yang sekarang ?

faktanya, cahaya Bintang yang paling dekat dengan bumi saja ( selain matahari ) memerlukan waktu 4.1 tahun untuk sampai ke bumi. Itu untuk bintang yang paling dekat, ada juga cahaya bintang yang memerlukan waktu sampai ratusan bahkan milyaran tahun cahaya.

Woow..
Cahaya yang memiliki kecepatan 300.000 KM/ detik saja membutuhkan waktu selama itu untuk tiba ke bumi.

Itu artinya apa ya ?
Yaa artinya cahaya bintang yang sekarang kita lihat bukanlah bentuk dari cahaya bintang yang sekarang atau kemaren sore namun cahaya tersebut merupakan cahaya dari bintang yang setidaknya sudah ada sejak 4.1 tahun sebelumnya dan lagi lagi itu cuma untuk bintang terdekat saja. Banyak diantara bintang bintang yang kita lihat kemaren malam berada pada kejauhan yang tak terbayang oleh kita. Misalnya saja 100 tahun cahaya , 1000 tahun cayaha, sejuta atau juga milyaran tahun cahaya. ( jika anda merasa asing dengan kata '' tahun cahaya '' baca postingan saya sebelumnya tentang Apa itutahun cahaya DISINI )

ratusan tahun cahaya hingga milyaran tahun cahaya diatas merupakan Jarak bintang tersebut terhadap bumi . Yang artinya cahaya dari bintang tersebut membutuhkan waktu seratus hinggal milyaran tahun untuk sampai kebumi. Dengan kata lain cahaya bintang yang kita lihat tadi malam sudah berumur ratusan hingga milyaran tahun.

Kok bintang bisa kelihatan yaa dengan jarak yang sangat teramat jauh seperti itu ?

Bintang bukanlah merupakan benda langit yang berukuran mungil. Ukuran bintang sangatlah besar bahkan kata '' besar '' tedaklah bisa menggambarkan ukuran dari sebuah bintang.

Kalau bintang itu besar, kenapa kok bisa banyak sekali sih seakan - akan kekurang tempat ?

Allah Maha Besar.
Begitu luasnya Alam Semesta ini, Bumi yang kita tempati sekarang ini bagaikan sebuah debu jika dibandingkan dengan ciptaan ciptaan-Nya yang lain. Kalau bumi bagaikan sebuah debu, lalu apa kata yang pantas untuk menggambarkan Kita sebagai manusia
yang hidup di muka bumi ini bro ?!

SubhanAllah..

Diakhir postingan ini, saya memiliki satu harapan yang saya rasa sangat perlu untuk saya sampaikan.

'' saya harap, saat anda melihat gemerlap cahaya bintang yang bertebaran, anda tidak berpikir untuk pergi ke bintang bro. Bahaya soalnya.. ''  ---> ( aku bilang begini karna aku peduli )  ^ _ ^ ''

Segitu aja harapannya ^ _ ^ .

Sekian.


Post a Comment