Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Trend Jilbab Bergaya Modern Fashion


Pesat sekali Trend Fashion hijab baik di negeri mayoritas muslim maupun di Eropa, Amerika (para mualaf). Bahkan terbentuk persatuan pecinta jilbab, “Hijabers Comonity” yang anggotanya wajib memakai jilbab, disertai buku panduan memakai jilbab dan tersedia aksesoris jilbab modern.

Namun sebagaian selebritis enggan mengenakan jilbab dengan alasan merasa hatinya belum terjilbabi. Padahal tidak ada satupun perintah jilbab hati yang urgent dibanding jilbab fisik.

Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuan dan anak-anak orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS Al-Ahzab 59).

“Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya.....” (QS An-Nur 31).

Lalu apa hakekat berjilbab, untuk pamer kecantikan (tabarruj)?, modis?, tidak tapi Busana wanita mempunyai batasan dan kriteria secara syar’i:

1. Harus menutup seluruh badannya kecuali wajah dan telapak tangan, berdasarkan QS. An-Nuur : 31 dan QS. Al-Ahzab : 59

2. Bukan busana perhiasan, yang justru menarik perhatian

3. Harus longgar, tidak ketat, tidak tipis, terlihat lekuk tubuhnya atau transparan, “dua golongan penghuni neraka yang salah satunya adalah para perempuan yang berpakaian tapi telanjang (Hadits dalam Shahih Muslim), dan hadits Usamah bin Zaid yang menceritakan bahwa pada suatu saat mendapat hadiah baju tebal dari Nabi. Kemudian dia memberikan baju tebal itu kepada isterinya. Namun karena baju itu agak sempit maka Nabi menyuruh Usamah agar isterinya mengenakan pelapis di luarnya (HR. Ahmad)

4. Tidak diberi parfum. “Perempuan manapun yang memakai wangi-wangian kemudian berjalan melewati sekelompok orang agar mereka mencium keharumannya maka dia adalah perempuan pezina.” (HR. An-Nasa’i, Abu Dawud & Tirmidzi)

5. Tidak menyerupai kaum laki-laki, celana panjang (ketat), kaos oblong, dan semacamnya, “Rasulullah SAW melaknat kaum laki-laki yang sengaja menyerupai kaum perempuan & kaum perempuan yang sengaja menyerupai kaum laki-laki.” (HR. Bukhari)

6. Tidak menyerupai pakaian orang-orang kafir, Sesungguhnya hijab itu adalah pembeda antara wanita muslim dengan non muslim, seperti saat Ali memakai dua kain baju mu’ashfar. Melihat hal itu Rasulullah SAW bersabda, “Ini adalah pakaian kaum kafir. Jangan kau kenakan pakaian itu.” (HR. Muslim),

7. Bukan untuk mencari popularitas, “Barangsiapa yang memakai busana popularitas di dunia maka Allah akan mengenakan busana kehinaan pada hari kiamat, kemudian dia dibakar api di dalamnya.” (HR. Abu Dawud & Ibnu Majah dgn sanad hasan lighairihi)

Kesimpulannya jilbab hati itu tidak ada. Yang Allah perintahkan adalah jilbab fisik, adapun mengenai hati, itu merupakan kewajiban, tanpa harus menafikan masalah urgensi jilbab fisik.

Jadi mulai sekarang pakailah jilbab yang mengasyikkan, untuk kerormatan duniamu dan kebahagiaan orang tua di akhirat kelak.

Trend Jilbab Bergaya Modern Fashion

Post a Comment