Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Asp

Asp, sebenarnya bukan bahasa pemrograman karena asp adalah mesin (engine) untuk server side script yang ditanamkan pada 'iis'. Bahasa pemrograman yang dipakai adalah vbscript. Namun orang lebih sering menyebut asp saja. Secara default ini adalah server side script pada web server microsoft windows. Seperti halnya bahasa pemrograman web lainnya, untuk menandai bahwa suatu kode dalam halaman web merupakan vbscript, maka digunakanlah tag sebagai penanda. Berikut ini suatu contoh vbscript:

<html>
<body>
<% Response.Write("Hello World!") %>
</body>
</html>

Atau sebagai berikut:

<html>
<body>
<%= "Hello World!" %>
</body>
</html>

Pada kode di atas bagian yang ditandai dengan <% dan %> merupakan bagian yang memuat kode vbscript. Vbscript merupakan bahasa yang sangat mirip dengan visual basic namun telah disesuaikan dengan lingkungan web. Dokumen yang berisi kode ini dapat disimpan dalam bentuk html atau dengan ekstensi .asp. Akan tetapi yang paling penting adalah: dokumen tersebut harus diletakkan pada direktory yang dapat dibaca dan dieksekusi oleh web server iis. Asp.net merupakan versi lanjutan dari asp, namun dengan teknologi yang sangat berbeda. Asp.net dibangun berdasarkan pada teknologi .net yang dikembangkan oleh microsoft. Bahasa yang digunakan tidak lagi vbscript namun telah menggunakan kemampuan penuh dari salah satu dari bahasa-bahasa dalam kelompok .net yaitu: visual basic.nET, c#, visual j. Dengan teknologi .net, memungkinkan tag-tag html digantikan secara penuh oleh script-script yang ditulis dengan bahasa-bahasa .net.

Php

Php adalah bahasa pemrograman yang didesain khusus untuk membuat halaman web. Php adalah singkatan dari: Php Hypertext Preprocessor. Singkatan yang agak aneh. Awalnya, php adalah singkatan dari 'personal home page' yang pertama kali diciptakan oleh Rasmus lerdorf. Php diciptakan pertama kali untuk keperluan mencatat jumlah pengunjung homepagenya. Perkembangan php saat ini dapat dilihat pada: www.php.net. Php adalah salah satu bahasa server-side yang paling populer. Kepopulerannya disebabkan kelebihan-kelebihannya dibanding bahasa sejenis, seperti: 'perl dan cgi'. Php mampu menutupi kekurangan pada bahasa pemrograman web pada umumnya. Php mudah dibuat dan cepat dijalankan. Php dapat berjalan dalam web server yang berbeda, seperti: apache, pws, iis dan sebagainya. Php juga dapat berjalan dalam sistem operasi yang berbeda pula, seperti: unix, windows, mac os x dan linux. Php diterbitkan secara gratis. Source code php dapat didownload tanpa perlu mengeluarkan uang. Php juga termasuk bahasa yang embedded (bisa diletakkan di dalam tag html).

Halaman Terkait:
| Bahasa skrip untuk pemrograman web |

Post a Comment