Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


SuryaPost.com - Mengolah data secara komputerisasi memang merupakan sarana yang dapat membantu kita dalam menyelesaikan segala bentuk laporan-laporan manual, membuat pekerjaan menjadi simpel dan lebih mudah di analisa ketimbang data yang di olah tanpa adanya komputerisasi. Kita harus akui, penggunaan fungsi excell secara keseluruhan memang gampang-gampang susah untuk di pelajari. Tapi tak ada kata menyerah saat kita mau berusaha untuk dapat belajar dan belajar tak mengenal lelah.
Banyak sumber-sumber yang bisa di pelajari untuk memperdalam ilmu pengetahuan di bidang excel, baik itu media online maupun media cetak.

Nah saya coba mau share sedikit masalah mencari duplikasi value atau text di Microsoft Excell. cara membuat rumusnya pun sangatlah mudah, hanya saja masih banyak orang yang belum bisa menggunakan atau mempelajarinya. Padahal sesungguhnya kasus ini sangat sering kita jumpai, khususnya untuk para pekerja kantoran yang setiap hari bergelut dengan pengolahan data via excel.

Mungkin untuk beberapa orang sudah tau dan sudah sangat familiar dengan rumus ini, tapi buat orang yang tidak mengetahui mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat.

Jadi begini caranya :
  1. anda harus tentukan field mana yang akan di cari duplikasi value atau duplikasi kontentnya, baik itu dalam bentuk value atau dalam bentuk text.

Contoh data :


Dalam kasus ini misalkan saya hendak mencari nomor id yang double atau yang terecord lebih dari 1 kali. Maka saya cukup menyorot nomor id


  1. Setelah anda sorot, pilih Format - Conditional Formating
 

  1. Pilih Formula Is dan ketik rumusnya : “=CountIF($C$1:$C$8,C2)>1” (tanpa tanda petik)

           

  1. Klik Tombol Format, dan pilih lah bentuk font, border atau pattern, sesuai selera anda.



  1. Tekan OK, kemudian OK lagi, maka dia akan muncul seperti ini :


Yang di sorot biru itulah yang nilai lebih dari 1, dan dalam contoh ternyata yang ada 3 nomor id yang sama. Nah Conditional formatting ini juga untuk berbagai keperluan yang lain sesuai kondisi yang di inginkan. Contoh, saya ingin mewarnai umur yang lebih dari 16 tahun..maka rumusnya tinggal di ganti.

Pilih Cell Value Is 


Jangan lupa formatnya dirubah sesuai selera. Dan hasilnya akan jadi seperti ini :



Artinya, siswa yang umurnya lebih dari 17 orang Cuma satu….mudah kan.. ? selamat mencoba (admin)

Post a Comment