Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Anak yang sehat, cerdas dan kreatif adalah dambaan setiap orang tua, namun untuk mewujudkan hal tersebut tidaklah mudah, perlu penanganan sejak dini bahkan dimulai sejak anak dalam kandungan.
Beberapa pakar sepakat bahwa usia emas pertumbuhan anak atau yang biasa disebut dengan Golden Age merupakan masa terbaik dalam menerapkan berbagai nilai kehidupan. Sebab saat itu sel-sel otak mereka tengah berkembang secara optimal. Sehingga pengalaman mereka saat itu akan menjadi dasar kepribadian hingga dewasa.
Berikut ini tips agar anak sehat, cerdas dan kreatif sekaligus soleh yang mudah kita terapkan :
Pertama, adalah stimulasi saat kehamilan dan setelah anak lahir. Pada saat kehamilan dilakukan dengan cara disentuh perutnya, diajak bicara dengan lembut, serta diperdengarkan bacaan Al-Quran. Sedangkan setelah bayi lahir, stimulasi dapat disesuaikan dengan perkembangannya.
Kedua, memperhatikan asupan gizi anak. Orang tua haruslah menjaga asupan makanan supaya memiliki komposisi yang seimbang. Sejak bayi lahir berikanlah ASI sampai usia dua tahun. ASI memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan serta kecerdasan anak.
Ketiga, Memacu kreatifitas anak. Caranya dengan mengajak berbicara, bereksplorasi dan melakukan sesuatu sendiri. Bisa juga orang tua melontarkan pertanyaan-pertanyaan terbuka yang tidak bisa dijawab dengan jawaban "ya" atau "tidak", dengan begitu maka anak akan terdorong menggunakan imajinasinya dalam menjawab. Selain itu yang dapat dilakukan adalah dengan menyediakan permainan-permainan yang dapat merangsang otak anak, misalnya menyediakan alat tulis untuk corat-coret dan mengambar, mewarnai dan lain-lain.
Perlu diingat bahwa tumbuh kembang tubuh maupun mental anak itu sangat dipengaruhi oleh situasi yang kondusif dan menyenangkan yang diberikan oleh orang tua sejak bayi lahir, oleh karena itu sebagai orang tua yang mengingankan anak tumbuh sehat, cerdas dan kreatif wajib menjaga kondisi ini.

Post a Comment