Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Mengenal umur alam semesta melalui Kalender Kosmis

Kali ini kita akan membahas mengenai umur alam semesta dari big bang hingga saat ini, jika kita konversikan kedalam satu tahun penuh.



Prof. Dr. Carl Sagan dari Universitas Cornell, dalam bukunya The Dragons of Eden, mengemukakan bahwa jika usia alam semesta kita kompres menjadi satu tahun kosmis (cosmic year), maka penciptaan alam semesta berlangsung tanggal 1 Januari, galaksi Bimasakti baru terbentuk tanggal 1 Mei, tatasurya kita muncul tanggal 9 September, bumi kita yang kecil ini baru ada tanggal 14 September, makhluk hidup pertama di bumi berupa mikroorganisme bersel tunggal eksis tanggal 9 Oktober, zaman dinosaurus berlangsung dari 24 sampai 28 Desember, manusia baru tampil ke pentas sejarah pada tanggal 31 Desember pukul 23.00 tengah malam menjelang tahun baru, dan Nabi Isa Al-Masih a.s. lahir empat detik yang lalu.


Astrofisikawan telah menyimpulkan usia Semesta
(Sejak terjadinya Big Bang) adalah
13,7 MILIAR TAHUN!





Jika seluruh sejarah alam semesta dikompresi ke dalam satu tahun, maka dengan menggunakan skala waktu ini, satu bulan akan kira kira sama dengan satu miliar tahun. Berikut ini jika kita melihat lebih dekat ketika peristiwa peristiwa penting terjadi ketika kita membayangkan alam semesta dalam satu tahun:

Carl Sagan (1934-1996) adalah orang pertama yang menjelaskan sejarah alam semesta dalam satu tahun sebagai "Kalender Kosmis".

Mari kita lihat kalender dalam sedikit lebih detail:



Cosmic Kalender (Dari The Dragons of Eden - Carl Sagan)

Tanggal Sebelum Desember


Desember


 31 Desember




Dalam skema Kalender Kosmis, kehidupan manusia yang rata-rata 70-80 tahun adalah setara dengan sekitar 0,16 detik kosmik!

Mengenal umur alam semesta melalui Kalender Kosmis

Post a Comment