Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Be Yourself, kalo gak jadi diri sendiri mau jadi siapa? Jadi orang lain itu cuma menyiksa diri, mungkin memang akan membuat senang karena bisa menjadi seperti yang di idolakan namun kebahagiaan yang paling pasti adalah menjadi diri sendiri dan bahagia ketika menjadi diri sendiri.

lalu adakah perbedaan antara kebahagiaan dan kesenangan? Sejak jama Yunani Kuno, Aristoteles sudah merasa ada kebahagiaan lain yang melebihi kebahagiaan dari rasa senang. Aristoteles menamakan kebahagiaan ini adalah kebahagiaan Eudaimonic, yaitu saat seseorang merasa potensi hidupnya telah berjalan secara maksimal.
 
Kebahagiaan Eudamonic, menurut Aristoteles, kebahagiaan yang tidak kosong atau yang hilang setelah sumber kebahagiaan itu sudah tak terlihat mata atau tak terasa oleh indera perasa. Menurut Aristoteles, kebahagiaan Eudaimonic lebih bersifat kejiwaan, sehingga lebih membuat jiwa seseorang sejahtera. Tiga orang peneliti Amerika membuktikan perkataannya, mereka menemukan bahwa setelah menjalani kebahagian Eudamonic, orang merasa hidupnya lebih memuaskan, merasa bahwa hidupnya lebih memiliki arti, dan merasakan emosi yang lebih positif.

Daaan salah satu untuk mencapai kebahagiaan Eudamonic adalah menjadi diri sendiri. Jadi diri sendiri atau menerima keadaan diri sendiri tanpa membanding-bandingkan dengan orang lalin memang membutuhkan usaha yang besar, meski  begitu kita tau akhirnya kita akan menemukan kebahagiaan yang membuat jiwa sejahtera.

Jadi, bagaimana jika kita benar-benar sudah merasa hilang dari diri sendiri? Ada beberapa tips agar kita bisa menjadi diri sendiri, berikut tips-tips tersebut :
 
  • Berhentilah menyalahkan diri sendiri dan membanding-bandingkan dengan orang lain, jika anda terus menyalahkan diri anda kapan anda bisa maju? Buatlah kesalah sebagai motivasi untuk masa depan,bukan untuk terus di ungkit dan menjadi hambatan anda untuk mencapai kebahagiaan.

  • Lakukan apa yang ingin lakukan, jangan biarkan lingkungan terus-menerus mendikte anda. Lakukan apa yang ingin lakukan, jangan terlalu memikirkan keputusan anda.

  • Buat kata positif yang memotivasi di sekitar, kata-kata positif akan menumbuhkan semangat dan memupuk harapan lebih baik di masa depan. Penuhi pikiran dengan hal positif agar masa depan lebih indah lagi.

  • Membaca Novel, Membaca novel memberikan kesempatan bagi Anda untuk melihat sudut pandang orang lain. Mungkin, dengan mengeksplorasi sudut pandang yang berbeda dari sudut pandang Anda, justru Anda akan menemukan sudut pandang yang lebih cocok dengan diri Anda.

  • Menyisihkan waktu, beristirahat dari kepenatan kehidupan duniawi seperti pergi bersantai ke tempat-tempat indah seperti pegunungan atau pantai. Renungkan, mengapa anda bisa hilang? Mengapa anda tidak bisa melakukan apa yang diri anda inginkan sesungguhnya?

  • Data kelebihanmu, dengan cara ini kamu akan menyadari bahwa dengan menjadi diri sendiri saja kamu sudah sangat hebat tanpa perlu menghilang dan menjadi orang lain.

  • Bersikap tegas, bersikap tegas dan sedikit keras kepada dirimu sendiri akan membuatmu lebih dapat mengekspresikan diri sendiri dan jujur pada diri sendiri.

  • Tanggung jawab akan tindakan, hal ini akan meningkatkan kepercayaan dirimu dan membuat dirimu tidak akan terus merasa bersalah.

  • Hormati keputusan dan pilihan, apabila kamu tidak bisa menghormatinya apalagi orang lain? Berpegangtegulah pada keyakinanmu apabila itu memang benar.

  • Bantulah orang lain, dengan membantu orang lain kamu juga menolong diri sendiri.

  • Menjadi mandiri, jangan bergantung pada siapapun dan coba penuhi kebutuhan anda sendiri agar anda dapat merasa benar-benar bebas.

  • Mulai melangkah, ingin perubahan tapi kita hanya menunggu perubahan itu akan datang sendirinya? Sampai kapaan?! Cobalah untuk memulai melakukan perubahan jangan menunggu orang lain. Anda pasti pernah berkhayal sesuatu yang besar, kembangkan lah itu sedikit demi sedikit dan jangan berpikiran itu hanyalah sebuah khayalan belaka.

  • Tarik nafas, tidur... dan mandi di pagi hari, ada sebuah metode yang sangat bagus dan hebatnya hal itu selalu bekerja. Metodenya seperti ini..

    Ketika kita merasa down dan stress, kita bisa bernafas dengan otot perut, dan ketika kita melepaskannya, katakan.." Saya akan tidur malam ini. Ketika saya tidur, saya akan tidur dengan nyenyak. Ketika saya bangun esok hari, saya akan kembali bugar dan penuh dengan semangat." Kemudian mandilah , dan ketika mandi itu, kita ubah pikiran kita menjadi hal yang positif. Lakukan hal itu dan bagikan pengalaman anda ke orang lain.

  • Ekspresikan diri anda, dengan ini anda dapat mencurahkan isi hati anda. Anda bisa membuat sebuah cerita pendek atau meluapkan isi hati anda dalam buku harian, mengekspresikan diri dalam bermusik, atau hal apapun itu dan tetap dalam positif.

  • Down itu hanya sementara, setiap lembar uang, setiap koin memiliki 2 sisi. Begitupun kehidupan, saat anda mengalami hal buruk jangan berpikir bahwa hal baik tidak akan terjadi.


Itu dia beberapa hal yang dapat anda coba untuk menjadi diri sendiri. Hargai, hormati, cintai diri sendiri. Bila bukan anda siapa lagi yang akan melakukannya?

Post a Comment