Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips





Penuaan dini, hal yang menakuti setiap orang terutama bagi wanita. Penuaan dini biasanya terjadi pada kulit kering yang memiliki kadar sebum yang sedikit atau kekurangan kadar sebum. Kadar sebum merupakan kandungan minyak yang melindungi kulit dari polusi dan melembabkan.


Biasanya penuaan dini terjadi dengan tanda munculnya kulit yang mengeriput, noda atau vlek hitam, kulit kering, bersisik, dan kasar. Lalu apa saja faktor penyebab terjadinya penuaan dini? Berikut adalah faktor-faktor terjadinya penuaan dini :

1.      Gaya Hidup Malas

Gaya hidup malas tidak selalu karena orangnya yang malas namun di jaman dengan serba instan saat ini orang-orang cenderung jadi malas karena faktor lingkungan yang serba mudah dan kemajuan teknologi yang semakin memanjakan orang-orang. Hal ini membuat orang jarang berkeringat yang membuat pembuangan racun dalam tubuh kurang optimal.

2.      Sinar Matahari

Matahari merupakan salah satu faktor eksternal penuaan dini yang paling signifikan. Parahnya adalah ketika matahari memancarkan sinar ultra violet dititik paling tinggi yaitu berkisar pukul 10:00-15:00.

3.      Pola Makan Tidak Sehat

Tubuh memerlukan asupan gizi yang sehat dan berimbang untuk mempengaruhi gerak kerja organ dalam tubuh. Makanan yang hanya mementingkan rasa dari bumbu masakan yang instan membuat kerja organ dalam seperti ginjal, hati, dan paru-paru terganggu.

4.      Usia

Penuaan dini biasanya dimulai pada usia 20’an namun pada saat usia 30’an kulit akan sulit memproduksi sel-sel baru.

5. Genetik

"Pada kasus penuaan dini, ada juga orang yang mengalami masalah ini karena faktor keturunan," ujarnya. Gen "aging" yang terbawa dalam diri seseorang akan memungkinkan dirinya menjadi tua sebelum waktunya. Sebaliknya, ada yang memiliki faktor keturunan untuk terlihat awet muda. 

6. Radikal Bebas

Yaitu molekul ganas yang menggerogoti sel-sel tubuh termasuk jaringan kalogen. Sebagian ahli berpendapat bahwa radikal bebas terbentuk sebagai efek polusi lingkungan, paparan sinar matahari, pemakaian air yang tercampur bahan kimia, perubahan cuaca dan faktor lain yang mengganggu pertumbuhan normal kalogen.

7. Kelembapan Udara

Kelembapan udara yang tidak stabil seperti di daerah tropis ini juga memang sangat mempengaruhi terjadinya penuaan dini terutama apabila kulit tidak dilindungi dengan cara yang baik.

8. Kondisi Fisik

Kondisi fisik merupakan bagian yang paling menonjol, biasanya setelah sakit kondisi fisik akan semkin terlihat buruk seperti jadi kusam atau terlihat loyo dna apabila tidak di tangani dengan tepat kulit akan semakin bermasalah dan terlihat sangat buruk.

Lalu apabila kita tau apa saja faktornya, bagaimana dengan cara pencegahannya? Nah, kali ini juga akan dibahas tentang hal-hal yang dapat dilakukan dalam upaya pencegahan penuaan dini. Berikut yang dapat dilakukan untuk mencegah penuaan dini :
·        Penggunaan tabir surya
·        Lakukan perawatan secara teratur, meliputi penggunaan scrub atau peeling (untuk menghilangkan sel-sel kulit mati), memperbaiki sirkulasi darah/getah bening di kulit dengan massage, pemberian nutrisi, serum, gel atau masker yang mengandung bahan-bahan yang melembabkan kulit dan berfungsi sebagai antioksidan.
·        Perbanyak konsumsi sayur, buah, dan air mineral juga hindari makanan siap saji.
·        Minum teh hijau yang memiliki banyak antioksida.
·        Meminum suplemen seperti vitamin A-C-E-B.
·        Lakukan olahraga secara teratur.
·        Mengatur pola makan.
·        Hindari narkoba maupun alcohol.
·        Hindari polusi tentunya untuk mengurangi kotoran.

Post a Comment