Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Tentunya banyak sekali pengalaman-pengalaman kita yang menarik dalam hidup. Misalnya, apa yang pernah kita alami pada saat pertama kali belajar komputer ...? Atau apa yang pertama kali kita berselancar di Internet ...? Atau mungkin pada saat pertama kali belajar naik sepeda, atau belajar berenang ...?

Pada kesempatan ini, mari kita mencoba untuk menulis sebuah tulisan pendek pada satu halaman di BlogDetik yang menceritakan pengalaman kita yang kira-kira cukup menarik.

Langkah yang perlu dilakukan untuk menulis di BlogDetik adalah sebagai berikut:
  1. Login atau masuk ke BlogDetik melalui alamat http://blogdetik.com/wp-login.php
  2. Masukan username dan password dari account BlogDetik yang anda miliki sebelumnya.
  3. Setelah memasukan username & password yang benar, maka kita akan masuk ke Dashboard dari BlogDetik. Menu Dashboard ini, adalah menu di belakang layar dari Blog yang biasanya digunakan untuk penulis atau administrator Blog. Mungkin bagi pemula agak merasa rumit, karena cukup banyak menu yang ada pada menu Dashboard, seperti yang di tampilkan pada Gambar 5.5.
  4. Kita tidak perlu takut dengan menu Dashboard yang tampaknya rumit. Untuk menulis artikel pendek, yang anda butuhkan hanya menu "QuickPress" yang terdapat pada sisi kanan agak ke atas.

Untuk menulis artikel pendek dengan menggunakan 'QuickPress' langkah yang perlu dilakukan cukup sederhana, yaitu sebagai berikut:
  1. Di kolom Title, masukan judul yang kita inginkan.
  2. Di kolom Content, ceritakan kejadian yang ingin kita ceritakan.
  3. Di kolom tag, kita dapat menuliskan kategori dari cerita yang di tulis.
Pada contoh Gambar 5.6. di perlihatkan sebuah cerita pendek tentang 'Pengalaman Berenang Pertama Kali' Yang isinya seperti berikut:

Kejadian ini terjadi pada waktu aku masih di-kelas 3 (tiga) SD.
Ayah mengajak aku ke-kolam renang.
Tanpa membuka baju & ganti baju, aku langsung terjun ke kolam.
Tag yang digunakan adalah: 'Berenang'

Setelah semua selesai dituliskan, tekan tombol 'Publish' yang berwarna biru untuk mempublikasikan tulis kita di Blog.


Untuk melihat hasil karya tulisan kita di Blog, maka kisah yang kita tulis dapat dengan mudah di baca oleh semua orang di dunia yang mengetahui alamat blog kita.

Tampilan artikel yang baru kita tulis kira-kira akan seperti Gambar 5.8. Artikel tersebut dapat dibaca oleh siapapun yang mengakses alamat BlogDetik kita, yang biasanya menggunakan format

http://namapengguna.blogdetik.com


Sekarang, cobalah kita untuk melihat-lihat isi Dashboard BlogDetik guna melihat berbagai fasilitas yang disediakan oleh BlogDetik.

Halaman Terkait:
| Dunia blogger | Sejarah blogger di indonesia | Mencari teknik menjahit dan menghias kain di blog | Membuat blog di blogdetik | Melihat selebrities di blogdetik |

Post a Comment