Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Ini adalah postingan Multiscreen di App Inventor yang kedua, dengan menggunakan block baru yaitu open another Screen, yang ada pada Built-in > Control > open another Screen :














Misal kita memiliki 2 layar, dan ingin berpindah dari layar satu ke layar 2 dan sebaliknya maka caranya adalah kita terlebih dulu membuat 2 layar di jendela Desain App Inventor kita. Jangan lupa untuk menambahkan layar kedua, adalah dari menu Add Screen




Kemudian menempatkan Button (Tombol) sebagai triger untuk berganti layar tersebut, menggunakan block button.click dan menempatkan block open another screen didalamnya. Setelah itu tambahkan block text, dan ubah textnya dengan nama layar yang ingin kita panggil.




Attention Please

Yang perlu diingat adalah, ketika mencoba aplikasi dengan multiscreen ini, saat sekarang (Maret 2012) masih belum berfungsi pada emulator, akan ada pesan "Switching forms is not currently supported during development" jadi harus dipackage dan didownload ke Handset Android kita untuk mencobanya. 


Dan ketika kita bekerja dengan dua layar, antara layar satu dengan yang lainnya, ketika akan meng-edit Block, pastikan berada pada Block Editor yang sesuai dengan layar, yaitu dengan memilih layar terlebih dulu pada jendela Desain App Inventor.

Silahkan coba latihan diatas, dan lihat apakah fungsi dari block close screen? :) , jangan lupa mencoba-nya di http://beta.appinventor.mit.edu , server app inventor baru dari MIT.

Buat yg belum tahu apa itu App Inventor cek disini Apa itu App Inventor atau memulai App Inventor

Post a Comment