Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Meski payudara bengkak adalah salah satu tanda Anda sudah akan mendapat haid, payudara yang merah dan bengkak, terutama jika terasa hangat kalau disentuh, mungkin tanda adanya salah satu bentuk kanker payudara yang paling agresif, inflammatory breast cancer (IBC) atau kanker payudara yang ditandai oleh radang.

Payudara merah muda, ungu kemerahan, atau seperti memar juga bisa menjadi tanda IBC.Tanda klasik lain bentuk kanker payudara yang mematikan dan tumuh dengan cepat ini adalah apa yang dinamai dokter peau d'orange, kulit payudara dengan jenis permukaan yang agak berlesung dengan lekukan-lekukan kecil, mirip kulit jeruk. Tanda-tanda lain IBC mungkin meliputi payudara yang terasa keras atau sakit; rasa terbakar, gatal, atau nyeri; perubahan dalam bentuk atau ukuran payudara; dan puting yang masuk ke dalam. Meski tanda-tanda ini juga biasa terjadi selama masa menstruasi, tanda-tanda IBC tidak datang dan pergi. Tanda-tanda itu cenderung muncul tiba-tiba dan makin lama makin besar selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

IBC sering keliru didiagnosis menjadi infeksi atau bahkan gigitan binatang karena tanda-tandanya yang umum ada pada permukaan payudara. Yang lebih membingungkan, tanda utama kebanyakan kanker payudara—benjolan di payudara—tidak umum terjadi pada perempuan dengan IBC.

TANDA PERINGATAN
Diperkirakan inflammatory breast cancer (IBC) bertanggung jawab atas 5 hingga 10 persen kasus kanker payudara in Amerika Serikat. Pada tahun 1990-an, insiden IBC meningkat, begitu pula tingkat kelangsungan hidup. Peningkatan kedua hal ini mungkin disebabkan oleh semakin besarnya kesadaran dan penggunaan mamografi.


Tidak seperti bentuk-bentuk kanker payudara yang umum, IBC cenderung terjadi pada perempuan muda, terutama perempuan muda keturunan Afrika Amerika. IBC jarang muncul pada lelaki, tetapi kalaupun ada, biasanya ditentukan pada laki-laki lansia.

Referensi
Body Signs Oleh Joan Liebmann-Smith, Ph.D., Jacqueline Nardi Egan

Post a Comment