Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Monitor adalah alat output yang berfungsi untuk menampilkan hasil proses komputasi. Instruksi-instruksi yang kita masukkan ke komputer, akan ditampilkan pada layar monitor. Tampilan pada monitor diukur oleh satuan pixel, dan semakin tinggi pixel-nya, maka resolusi monitor juga akan semakin tinggi, serta gambar yang ditampilkan akan semakin tajam dan jelas. Begitu juga sebaliknya, bahwa semakin rendah pixel-nya, maka resolusinya akan semakin rendah, dan gambar-pun akan terlihat kurang begitu jelas.
Monitor komputer ada beberapa jenis, yang diantaranya ialah: monitor CRT dan monitor LCD.

Monitor CRT (catoda ray tube), merupakan monitor yang mempunyai tabung yang memproduksi elektron untuk menembak layar sampai tercipta-nya gambar di layar seperti hal-nya cara kerjanya pada televisi. Monitor ini memakai port 15 pin dengan 3 baris. Sedangkan monitor LCD (Liquid crystal display), yaitu monitor kristal air yang banyak digunakan pada komputer laptop/notebook. Namun, sekarang monitor personal komputer sudah banyak yang menggunakan teknologi LCD.

Dilihat dari ukurannya, monitor ada beberapa jenis, yaitu: 14inch, 15inc, 17inch dan 21inch. Meskipun ukuran di atas itu masih ada yang lain, namun untuk penggunaan secara umum masih jarang untuk digunakan. Sedangkan dilihat dari tampilannya, monitor dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu: monitor monochrome, grayscale, dan monitor color.

Monitor monochrome, yaitu: monitor yang memiliki satu warna. Untuk penggunaan secara umum, monitor ini sudah jarang digunakan. Namun, kita dapat menjumpai monitor jenis ini pada swalayan, khususnya dibagian kasir. Pada bagian kasir, yang tugasnya adalah merekam transaksi penjualan, maka tidak perlu membutuhkan monitor berwarna.
Monitor grayscale, adalah monitor yang memiliki background warna putih dan bayang abu-abu. Sedangkan monitor color, adalah monitor yang dapat menampilkan banyak warna.

Pada monitor, terdapat berbagai standar dalam kualitas gambar yang didasarkan pada resolusi-nya. Sekarang, mari kita memperhatikan tabel yang berikut ini:

Tabel: Macam-macam peralatan TIK
NOTIPE MONITORRESOLUSI
1CGA (colour graphic adapter)640 x 200 pixel
2EGA (enhanced graphics adapter)640 x 480 pixel
3VGA (video graphics array)640 x 480 pixel
4SVGA (super video graphics array)800 x 600 dan 1024 x 768 pixel
5XGA (extended graphics array)2048 x 2048 pixel

Kesimpulan dari tabel di atas adalah, bahwa: semakin besar resolusi dari sebuah monitor, maka akan semakin halus dan bagus kualitas gambar yang dihasilkan.

Halaman Terkait:
| Perangkat keras keluaran | Printer | Plotter | Proyektor | Speaker |

Post a Comment