Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Cara Mudah Meraih Bahagia dalam 2 MenitAsalasah ~ Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kebahagian hidup dalam jangka panjang. Tapi, banyak juga cara singkat yang dapat dilakukan hanya 2 menit atau kurang untuk meningkatkan kebahagian hidup tersebut.

Adapun cara-cara singkat yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kebahagian hidup tersebut seperti dilansir dari huffingtonpost, Kamis (22/11/2012) adalah:

1. Melihat lukisan selama 60 detik
Melihat sesuatu yang menakjubkan seperti gambar pemandangan selama beberapa detik, cukup membantu Anda merasa lebih bahagia. Menurut sebuah study dari Universitas Stanford, siswa yang melihat gambar-gambar seperti ini ruang angkasa, air terjun dan ikan lumba-lumba selama 60 detik, memiliki lebih banyak waktu untuk menyelesaikan sesuatu. Banyak peneliti percaya, sebuah gambar membuat sesuatunya merasa hadir yang dapat menyebabkan rasa puas dan bahagia lebih besar.

2. Memijat alis selama 60 detik
Merangsang alis Anda dengan cara ditekan, pijat atau tekan dengan lembuh daerah tersebut dengan jari telunjuk Anda selama 60 detik. Lakukan dua kali sehari sambil duduk di tempat yang tenang.

3. Membersihkan tempat tidur
Membersihkan tempat tidur di pagi hari merupakan kegiatan yang dapat berfungsi ganda sebagai meditasi aktif. Secara tidak langsung pikiran akan jernih ketika Anda melihat bantal, guling serta seprai yang tersusun rapi di atas tempat tidur.

4. Berikan sedikit cinta ke anjing kesayangan
Sebuah studi menunjukkan bahwa tindakan sederhana dari anjing kesayangan Anda dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kortisol (hormon stres) dan meningkatkan perasaan nyaman pada diri sendiri.

Tidak memiliki seekor anjing? Tidak masalah! Ambil saja boneka berbentuk binatang. Satu studi menemukan bahwa dengan hanya membelai boneka anjing dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Pijat anjing Anda
"Dengan memijat kaki atau menggosok bulu-bulu anjing dapat mengurangi stres dan dapat meningkatkan kesehatan," kata psikolog Elizabeth Lombardo, Ph.D, penulis buku 'A Happy You: Ultimate Prescription for Happiness'. Luangkan beberapa menit untuk memijat anjing dengan tangan Anda, atau menggunakan busa lembut untuk meregangkan telapak tangan.

6. Bersyukur
Studi menunjukkan bahwa memiliki sikap bersyukur dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Untuk membantu Anda tetap bersyukur, Dr Nerukar merekomendasikan dengan mencatat lima hal yang paling disyukuri setiap hari.

7. Meregangkan leher
Luangkan waktu senggang untuk meregangkan leher Anda. Lombardo menjelaskan "Dengan melakukan peregangan leher, Anda dapat melepaskan stres secara fisik dan psikologis". Coba lakukan gerakan stretching untuk membantu melepaskan ketegangan dalam beberapa detik.

8. Tersenyum
"Tersenyum tidak hanya meningkatkan daya tarik Anda, tersenyum juga dapat meningkatkan mood dalam jangka pendek dan memiliki efek yang sangat positif pada lingkungan." kata Dr Nerurkar. Menurut satu penelitian yang dilakukan peneliti di University Of Kansas, tersenyum juga dapat menjadikan penolong jika sedang mengalami stres.

9. Menata tanaman hijau
Penelitian telah menunjukkan bahwa tanaman yang berada di pot dan berada di dalam ruangan, dapat membantu mengurangi iritasi mata dan tingkat stres menjadi lebih kecil. Jika Anda berada di sebuah toko, ambil sebuah tanaman lalu bawa ke kantor dan taruh di atas meja kerja Anda. Itu dapat membantu meningkatkan mood. Lebih baik lagi apabila menaruh atau menata tanaman hijau ini di rumah Anda.

10. Melompat 15 detik

Stacy Mobley, M.P.H. seorang dokter naturopati khusus kesehatan perempuan, merekomendasikan untuk melakukan kegiatan melompat ini selama 15 detik yang dapat meningkatan energi alami yang dapat menjauhkan Anda dari rasa gelisah yang berlebih. (ADT/IGW)

Sumber:http://health.liputan6.com/read/457407/cara-mudah-meraih-bahagia-dalam-2-menit

Post a Comment