Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Berbicara tentang tidur siang tentu sangat mengingatkan kita pada masa kanak-kanak dimana hampir setiap hari kita pasti melakukannya, namun semakin bertambahnya umur waktu untuk tidur siang pun semakin merendah ntah karena kesibukan ataupun hal-hal lainnya


Beberapa orang terutama wanita mungkin masih takut akan tidur siang karena anggapan tidur siang membuat berat badan naik namun kenyataannya dengan tingkat stress yang rendah justru baik untuk mencegah kenaikan berat badan. Tidur siang dengan perut kenyang akan mengurangi tingkat kewaspadaan setelah terjaga, maka dari itu hindari tidur 1-2 jam setelah makan.

Penelitian mengatakan bahwa tidur siang memberikan manfaat mengurangi kelelahan namun apabila terlalu lama juga akan memberikan dampak negative bagi kesehatan. Tidur siang merupkan hak bagi semua orang dengan segala atau berbagai macaam usia.

Apabila tidur siang tidak terlalu baik, terlalu sebentar pun juga tidak terlalu baik efeknya bagi kesehatan karena menyebabkan Inersia. Inersia tidur adalah perasaan grogi dan disorientasi yang datang saat penderitanya terbangun dari tidur nyenyak. Meski keadaan ini hanya berlangsung beberapa menit hingga setengah jam, ini dapat merugikan jika si penderita langsung melakukan aktivitas. 

Tidur siang bukan berarti memperbanyak waktu tidur, yang terpenting adalah jumlah keseluruhan tidur dalam sehari masih dalam batas wajar sekitar 7-8 jam sehari. Terlalu lama ataupun terlalu sebentar tidur sama-sama tidak baik dampaknya bagi kesehatan maka atur dan jagalah pola tidur anda.

Lalu, kapan tepat/baiknya tidur siang dilakukan? Tidur siang yang baik adalah dilakukan saat sebelum maupun sesudah makan siang atau sebelum pukul 14:00 karena tidur siang terlalu sore bukan lagi tidur siang tapi tidur sore, oke bukan itu tapi karena tidur terlalu sore akan mengganggu tidur malam hari anda.



Post a Comment

  1. kebanyakannya banyak yang buruknya daripda yang bagusnya heheh.
    kalo kita tidur siang2 , malamnya jadi gak bisa tidur tooh hehehe

    ReplyDelete