Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Buat anda yang sering dan selalu bekerja dengan microsoft excell, terutama untuk orang-orang yang senang melakukan pengolahan data kecil, maka sudah pasti tak asing lagi di telinga anda yang namanya Fungsi Vlookup.Kembali saya tegaskan, untuk yang sudah tau anggap ini sebagai isi ulang, namun bagi yang masih belum tau anggap ini sebagai perdana, boleh di terapkan.

Menggunakan fungsi Vlookup dalam keadaan normal itu adalah menggabungkan dua buah data yang memiliki kata kunci atau key ID yang sama. sehingga data bisa di joinkan. saya tidak akan memperpanjang penjelasan mengenai Vloookup itu sendiri, saya anggap semua pembaca sudah mengetahuinya.
Pernakah anda menemui #N/A..?, sebenarnya error message #N/A itu bukan suatu masalah. ini hanya menandakan bahwa file tsb tidak ada. (Not Available). tapi kebanyakan dari kita menganggap jika data yang di tampilkan muncul #N/A maka itu membuat data kita tidak rapi. Untuk merapikannya kebanyakan dilakukan cara penghapusan manual.

Namun untuk kali ini saya akan berbagi sedikit tips/Formula Excell yang sebenarnya sudah ada, tapi gak pernah saya gunakan ( ups..saat saya menulis artikel ini, saya pun baru berhasil menemukan rumus ini heheh).

Formula yang biasa di gunakan : =ISNA

<= Fungsi standart yang sering digunakan untuk penggabungan dua file dengan fungsi Vlookup.







Kemudian rumus standart tsb di ganti dengan rumus yang lebih canggih :









atau bisa juga seperti ini :
(tanda Kutip yang kosong diganti dengan "belum terdaftar")
, maka apabila nilai yang kita joinkan tidak ada, maka akan muncul keterangan belum terdaftar.










kira-kira dapat di pahami kan?

Post a Comment