Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Pada kehidupan sehari-hari kita sering dihadapkan pada dua buah pilihan yang harus kita ambil sebagai keputusan. Tetapi, kita juga harus perlu melihat dulu kondisi yang ada pada saat ini, dan setelah itu barulah kita akan tahu apa yang akan kita ambil sebagai keputusan. Untuk memahami penggunaan fungsi IF, ikutilah ilustrasi berikut ini: Misalnya kita akan memutuskan membawa payung, kita mesti melihat apakah kondisi hari ini adalah hujan atau cerah

Untuk lebih jelasnya mari kita pelajari tabel berikut ini:
  1. Keputusan pertama: Untuk membawa payung jika kondisi hari hujan, jika kondisi hari cerah keputusannya memakai topi.
  2. Keputusan kedua: Untuk berhenti jika kondisi lampu lalu lintas merah, jika lampu hijau keputusannya berjalan.
  3. Keputusan ketiga: Untuk barang yang ditawar jika harga barang mahal, jika harga barang murah keputusannya dibeli.

Mengisi rumus formula fungsi IF.

Fungsi IF hanya mengenal 1 tes logika dari 2 kondisi, karena yang akan diambil sebagai keputusannya hanyalah satu. Bagaimana cara berfikir untuk membaca fungsi IF, prinsipnya adalah: YA atau TIDAK, BETUL atau SALAH.
Mari kita mengerti bagan yang berikut ini.


Dari bagan di atas, definisi fungsi IF dapat juga diartikan sebagai: suatu fungsi percabangan yang akan melaksanakan suatu perintah berdasarkan data yang masuk. Bila data yang masuk benar, maka yang dijalankan perintahnya adalah kondisi 1. Bila data yang masuk salah, maka yang dilaksanakan perintahnya adalah kondisi 2.

Penerapan Rumus IF dapat kita lihat pada tabel berikut ini:


Pada kolom keterangan, syarat siswa LULUS ULANGAN adalah jika nilai yang didapat adalah lebih atau minimal sama dengan 6. Jika kurang dari 6, siswa harus remedial. Yang dimaksud data masuk adalah pada kolom nilai. Misalnya: Siti Nurjanah, mendapat nilai 7.5 berarti tes logika benar karena syaratnya nilai lebih atau sama dengan 6. Maka, yang ditulis pada kolom keterangan adalah LULUS. Sedangkan Toni Sianturi mendapatkan nilai 5.2 maka, tes logika salah atau kurang dari 6. Maka, yang ditulis pada kolom keterangan adalah: REMEDIAL.

Halaman Terkait:
| Menggunakan fungsi logika | Fungsi if ganda | Fungsi and | Penerapan fungsi if dan and | Fungsi or | Penerapan fungsi if dan or | Fungsi not |

Post a Comment