Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Dikemukakan bahwa dalam proses persalinan terdapat upaya kerja sama tiga kekuatan vital, yaitu sebagai berikut.
1. Power: Kekuatan his dan mengejan. Kemampuan untuk memberikan tuntunan persalinan sehingga resultan ketiga kekuatan tersebut berlangsung baik agar tercapai bentuk persalinan spontan belakang kepala.
2. Passage: Jalan lahir terdiri atas jalan lahir tulang dan jalan lahir lunak. Jalan lahir tulang harus memenuhi syarat, bentuk ukuran luas bagian dalamnya dalam Batas normal sehingga proses adaptasi dengan kepala baik, yang memberi kemungkinan persalinan berjalan normal. Jalan lahir lunak terdiri atas otot dasar panggul, elastis, mampu terbuka dengan baik sehingga proses persalinan berjalan normal dan lancar.
3. Passenger: Bentuk, besarnya, dan posisinya harus normal sehingga mampu beradaptasi dengan baik terhadap jalan lahir dan kekuatan pendorong sehingga proses persalinan dapat berjalan dengan lancar dan normal.

Penyimpangan yang terjadi dari kemungkinan kerja sama ketiga komponen tersebut akan menimbulkan proses persalinan distosia. Bila kerja sama ketiganya memuaskan, persalinan akan berjalan lancar sesuai dengan patron persalinan normal. Tepat dalam tatanan waktu dan dalam keadaan spontan belakang kepala, sehat, dan hidup, proses persalinan itu disebut persalinan distosia, sebagai lawan dari persalinan distosia.

Pustaka
Buku Ajar Patologi Obstetri Oleh dr. Ida Ayu Chandranita Manuaba, SpOG, dkk

Post a Comment