Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Pada awal perkembangannya statistika digunakan untuk melakukan pendataan dan analisa kependudukan. Saat ini statistika berkembang, merambah ke banyak bidang. Definisi statistika selain menangani kependudukan, juga adalah ilmu tentang bagaimana merencanakan, mengumpulkan, mengolah, menganalisa, dan mempresentasikan data.

Statistika mempunyai peran untuk mengubah informasi yang berupa data-data menjadi sebuah pengetahuan. Salah satu definisi menyebutkan bahwa: statistika adalah metode ilmiah untuk menyusun, meringkas, menyajikan dan menganalisa data, sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan yang benar dan dapat dibuat keputusan yang masuk akal berdasarkan data tersebut.

Dari pengertian statistika yang sesungguhnya di atas, kita akan mengambil salah satu definisinya, yaitu: statistika adalah ilmu mengumpulkan dan mengelola data saja yang akan kita gunakan sebagai bahan pembelajaran dalam menggunakan OpenOffice.org Calc.

Kita pernah mendengar istilah statistika, tetapi yang dimaksud Fungsi Statistika adalah cara perhitungan untuk mengetahui Jumlah, rata-rata, banyak data, nilai tertinggi, dan nilai terendah dari suatu data yang sedang diamati. Untuk menerapkannya, kita akan menggunakan fungsi yang disebut fungsi Statistika pada OpenOffice.org Calc.

Perhatikan tabel berikut ini:



Halaman Terkait:
| Fungsi sum(range) | Fungsi average(range) | Fungsi max(range) | Fungsi min(range) |

Post a Comment