Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Gimana sih caranya bisa Select All Sheets di microsoft excell tanpa menggunakan mouse?, mungkin agan-agan ada yang tau. memang ini sepele, dan mungkin tidak begitu penting bagi kebanyakan orang, tapi berhubung tuntutan pekerjaan yang setiap harinya berkutit dengan data excell, ribuan baris, ratusan sheet dan ratusan file, wah..pokoke banyak amit lah. memang sih ada cara nya jika mau memilih semua sheet yang aktif dalam excell tersebut. bisa menggunakan mouse untuk memilih sheet yang kita inginkan atau memilih semua sheet active di excell. tentu kebiasaan penggunaan mouse bisa memperlambat kerja khususnya saya sendiri. nah kalau manual carnya ya tinggal pilih salah satu sheet, kemudian klik kanan dan pilih Select All Sheets


nah berikut saya kasih tips mudahnya biar bisa Select All Sheets tanpa menggunakan mouse, tapi menggunakan macro, karena bagi saya macro ini merupakan tool yang sangat bermanfaat di Program Ms Excell, seperti coretan saya beberapa waktu yang lalu mengenai Permudah kerja di excell dengan macro. nah langsung saja ke TKP gimana cara pembuatan makro ini :

copy script dibawah ini :

Sub SelectAllSheets()
    Dim ws As Worksheet
    Application.ScreenUpdating = False
    For Each ws In ActiveWorkbook.Sheets
         'False to extend the current selection to include
         ' any previously selected objects and the specified object
        ws.Select False
    Next ws
    Application.ScreenUpdating = True
End Sub


lalu buka Microsoft excell, Pilih Tool --> Macro --> Visual Basic Editor  atau bisa juga tekan Alt + F11 atau bisa juga klik seperti contoh gambar dibawah ini:



Pastekan Macro tadi di halaman kosong Visual Basic Editor tsb. seperti gambar dibawah ini:



nah lalu Save....

nah untuk mempermudah kerjanya, alangkah apiknya kalau kita kasih short cut, caranya mudah banget... pada halaman Excell  tekan tombol ALT + F8
pilih macroname yang sudah otomatis muncul, kemudian klik Option (ALT + O ), nah masukkan 1 digit huruf ( jangan angka) sebagai shortcutnya...kalau saya pribadi saya
menggunakan huruf m (kecil) karena  menurut saya huruf m ini belum ada shortcut yang menggunakannya, kalaupun ada sangat jarang di gunakan. ingat jangan gunakan huruf yang biasa kita gunakan sebagai shortcut
seperti huruf B, di gunakan untuk Bold Tulisan (CTRL + B), huruf A digunakan sebagai select All cell ( CTRL + A ) dll. jadi saran saya gunakan saja huruf M (CTRL + M).


lalu tekan OK...selesai, nah jika ingin menggunakan macro ini, tinggal tekan CTRL + M (tergantung huruf yang anda pilih).......

tulisan ini saya dedikasikan untuk diri saya sendiri, karena terlalu seringnya bermain dengan excell, terutama excell 2003. Bukan saya tak mau menggunakan versi 2007 atau yang terbaru, tapi saya sudah terlanjut mencintai excell 2003 untuk mengolah data kerja saya. terkadang saya juga menggunakan excell 2007 untuk fitur yang memang tidak ada di excell 2003.

Post a Comment