Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Jenis Pupuk Berkualitas Untuk Tanaman Karet - Banyak industri yang mencampur produksinya dengan memakai karet sintetis dan juga karet alam. Salah satu pengunaannya adalah dalam produksi ban radial. Beberapa jenis ban akan kurang baik mutunya jika dibuat dengan karet sintetis atau dengan persentase karet sintetis yang terlalu besar. Bahkan untuk ban pesawat dibuat semuanya dari bahan karet alam. Persentase karet alam yang lebih besar tetap dibutuhkan dalam produksi ban berukuran besar dan mutu yang lebih baik. Semua produksi karet tadi tentu bisa dihasilkan dari tanaman karet di kebun yang sehat. Tanaman karet ini tentu membutuhkan unsur hara yang penting. Hal ini diperlukan agar pertumbuhan batang karet bisa maksimal dan bisa cepat memproduksi getah karet.

Jenis Pupuk Berkualitas Tanaman Karet


Berikut ini beberapa jenis pupuk berkualitas yang bisa dipakai pada tanaman karet yang sedang dalam masa pertumbuhan :

1.    Pupuk Urea
Pupuk ini memiliki kandungan unsur hara nitrogen sebanyak 46% pada setiap 100 gram. Beberapa manfat dari pupuk urea adalah :
  • Membuat daun pohon karet menjadi lebih hijau dan mengkilat serta dapat meningkatkan pertumbuhan batang tanaman agar menjadi lebih besar serta perkembangan dari cabang pohon karet.
  • Meningkatkan jumlah unsur nutrisi yang diperlukan oleh pohon karet.
  • Meningkatnya jumlah hasil sadap dari tanaman karet
2.    Pupuk SP 36
Pupuk jenis ini merupakan sumber unsur hara berupa fosfor. Pupuk ini cocok untuk tanaman karet dan lebih mudah dilarutkan air. Beberapa manfaat dari pupuk jenis ini adalah :
  • Mempercepat pertumbuhan dari akar sehingga pohon karet bisa tahan terhadap kekeringan yang melanda pada musin kering.
  • Meningkatkan produksi getah karet yang dihasilkan pohon.
  • Menambah ketahanan dari pohon karet terhadap serangan hama dan penyakit tanaman karet.
3.    Pupuk KCl
Pupuk ini memiliki kandungan kalium klorida yang banyak. Beberapa manfaat dari pupuk ini adalah :
  • Mempercepat proses metabolisme unsur nitrogen dan unsur hara lainnya pada pohon karet.
  • Bisa menahan bunga dan putik bunga agar tidak gampang gugur.
  • Menambah daya tahan dari batang pohon karet agar tidak gampang patah atau roboh.
4.    Pupuk NPK
Pupuk jenis ini banyak juga dipakai pada tanaman karet. Untuk tanaman karet biasanya dianjurkan pupuk NPK yang memiliki kadnungan N sebesar 15%, P sebanyak 15%, dan K sebesar 15%. Biasanya pupuk ini juga mengandung sulfur. Sulfur bermanfaat untuk mencegah adanya jamur pada batang karet.

Pupuk berkualitas untuk karet memang berbeda dan mempunyai tujuan tertentu. Pemupukan pada tanaman karet sendiri biasanya minimal dua kali dalam satu tahun, yaitu pada awal musim penghujan dan akhir musim penghujan.

Post a Comment