Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Salah satu permasalahan yang sering dijumpai dalam array adalah bagaimana mencari elemen tertentu dari array. Misalnya pada kasus loker pada gambar 5.21 pada posting sebelumnya, tersedia 100 kotak. Kemudian kita diminta untuk mencari nomor kotak keberapa yang dimiliki oleh seorang siswa bernama "Rudi". Contoh yang lain, misalkan ada banyak siswa dalam satu sekolah dan kita diminta mencari data seorang siswa dengan nama tertentu, atau alamat tertentu. Perhatikan contoh berikut!.

Contoh 5.24. Pencarian pada array.


Pada contoh ini kita diminta mencari elemen yang berisi angka 12 dari sekumpulan elemen dalam array. Ada 6 elemen pada array tersebut. Menurut kita, bagaimanakah algoritma penyelesaiannya?

Cara yang paling umum dan paling mudah dilakukan adalah dengan cara pencarian berurutan (linear search). Pada masa lalu, cara ini dianggap tidak efisien karena membutuhkan waktu lama. Namun dengan perkembangan komputer yang sangat cepat, waktu eksekusi algoritma ini tidak terlalu dipermasalahkan. Cara ini dilakukan dengan cara membandingkan isi dari elemen dengan apa yang kita cari. Satu per satu dimulai dari elemen yang paling awal.

Apabila kita terapkan pada Contoh 5.24, maka eksekusi program akan berlangsung berurutan sebagai berikut:
  • Tetapkan bilangan yang ingin kita cari (yaitu 12)
  • Ambil elemen paling awal (yaitu A[0]), bandingkan isi elemen tersebut (yaitu 23) dengan bilangan yang kita cari. Jika sama, maka stop.
  • Jika tidak, maka lanjutkan dengan elemen berikutnya (yaitu A[1]), bandingkan isi elemen tersebut dengan bilangan yang kita cari. Jika sama, maka stop.
  • Jika tidak, maka lanjutkan dengan elemen berikutnya. Dan seterusnya sampai dijumpai elemen yang berisi sama dengan bilangan yang kita cari.
Contoh 5.24 akan memberikan hasil elemen A[3] yang memiliki isi 12. Apabila digambarkan dalam bentuk flowchart, maka akan tampak seperti pada gambar 5.22.


Pada flowchart di gambar 5.22, kita menggunakan pengulangan model While. Kondisi yang harus dipenuhi disini ada dua, yaitu I < N dan Bil[I] <> A. Arti dari kondisi ini adalah jika nilai indeks I kurang dari batas atas indeks dan isi dari Bil[I] tidak sama dengan bilangan yang kita cari, maka pencarian akan diteruskan pada indeks yang lebih tinggi. Selama kondisi ini dipenuhi, maka pencarian akan terus dilakukan. Perhatikan, bahwa di sini kita menggunakan "dan" yang artinya kedua kondisi harus dipenuhi agar dianggap benar. Pencarian hanya akan berhenti jika salah satu kondisi atau kedua kondisi tidak dipenuhi lagi. Sehingga, misalnya Bil[I] mempunyai isi yang sama dengan A maka pencarian akan dihentikan karena kondisi pada While sudah tidak dipenuhi lagi.

Copyright © 2013. Artikel teknologi

Halaman Terkait:
| Pengelolaan array | Pengertian array | Pengurutan data pada array |

Post a Comment