Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

5 Langkah Tingkatkan Percaya Diri - Tahukah Anda bahwa rasa percaya diri yang rendah sering dihubungkan dengan perilaku menyimpang lainnya seperti kecanduan narkotika, gangguan makan, hingga keinginan belanja kompulsif? Jika Anda merasa rendah diri, tidak ada salahnya mencoba tips berikut untuk meningkatkan rasa percaya diri.

1.Tuliskan hal positif 

Ambil secarik kertas dan tuliskan hal-hal positif tentang diri Anda. Ini bukan untuk menyombongkan diri, namun lebih kepada bagaimana Anda merefleksikan diri sendiri sekaligus untuk mengetahui bagaimana Anda ingin dikenal oleh orang lain.

2.Memaafkan kesalahan masa lalu

Mereka yang tidak percaya diri seringkali merasa bersalah akan tindakannya di masa lalu. Namun tidak ada gunanya menyesali yang sudah lalu dan terus-terusan menyalahkan diri sendiri. Hal yang bisa Anda lakukan adalah merelakan masa lalu, berhenti menghukum diri sendiri, serta berjanji untuk melakukan hal yang berbeda di masa mendatang.

3.Terima pujian

Orang dengan rasa percaya diri rendah kadang tidak menyadari saat orang lain berkata-kata manis untuk mereka. Lain kali, jika seseorang memberikan pujian pada Anda, terimalah dengan baik dan ucapkan terima kasih. Jangan pernah memikirkan bahwa pujian itu hanya sekadar bohong belaka, karena semakin Anda memikirkannya, akan terasa semakin nyata kebenarannya.


4.Lakukan hal baik setiap hari

Salah satu untuk mendapatkan apresiasi dari orang lain adalah dengan melakukan hal-hal baik kepada mereka. Tak perlu yang menyulitkan, sekadar membukakan pintu kepada orang lain, mempersilakan orang lain masuk terlebih dulu ke dalam lift, hingga memberikan tempat duduk Anda di bus kepada wanita berumur, termasuk didalamnya. Walaupun jika orang lain tidak memperlihatkan rasa terima kasih pada Anda, setidaknya Anda tetap akan merasa baik karena telah melakukan hal tersebut.


5.Buat perubahan

Setiap orang melakukan perubahan dalam hidupnya, namun jadikan perubahan itu terjadi secara bertahap. Mulai dengan merencanakan untuk mengubah kebiasaan buruk Anda atau justru memulai sebuah kebiasaan baik. Lakukan bertahap tiap minggunya supaya perubahan itu tidak terasa berat. Supaya makin terpacu, tentukan tujuan yang ingin dicapai tiap minggunya. Dalam setiap perubahan kecil yang terjadi dan tujuan-tujuan yang berhasil dicapai, berikan diri Anda sedikit perayaan untuk makin meningkatkan rasa percaya diri.

Post a Comment