Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Cara Melepaskan Rasa Bersalah - Tidak ada manusia yang sempurna dan siapa saja mungkin melakukan kesalahan dalam hidupnya. Namun sekecil apa pun kesalahan itu bisa menjadi beban bagi seseorang, bahkan setelah orang lain memaafkannya.

Ketika rasa bersalah menghantui hidup Anda, cobalah beberapa cara untuk melepaskannya berikut ini.


Ambil waktu untuk berpikir

Kadang ketika Anda fokus pada pikiran negatif mengenai rasa bersalah itu, Anda jadi lupa apa alasannya sebenarnya yang membuat Anda begitu merasa bersalah. Ambillah waktu untuk berpikir sejenak untuk mencari akar permasalahannya.

Apa yang membuat Anda begitu merasa buruk? Kemudian apa yang sudah Anda lakukan untuk memperbaikinya. Cobalah untuk sedikit demi sedikit melepaskan energi negatif dalam pikiran Anda untuk bisa berjalan maju dan tidak terjebak di masa lalu.

Bicarakan

Cara lainnya adalah dengan membicarakan rasa bersalah Anda dengan seorang teman yang mungkin bisa memahami permasalahan Anda. Lebih baik cari orang yang Anda tahu tidak akan menghakimi Anda, tapi dapat memberi dukungan moral.

Bikin prioritas

Ketimbang terus-menerus berpikir soal perasaan bersalah Anda, cobalah fokus pada prioritas Anda dalam hidup. Dengan mengatur skala prioritas dapat membantu Anda untuk menemukan cara pandang yang lebih baik dalam memahami situasi tersebut.

Maafkan dan fokus

Kadang Anda hanya perlu untuk memaafkan diri sendiri. Jangan terlalu terobsesi dengan pikiran “seandainya saja..” karena hal itu akan memperburuk keadaan. Lebih baik fokuskan perasaan bersalah Anda itu dengan memperbaiki hubungan dengan siapa saja yang menurut Anda telah Anda sakiti. Cara ini akan menghilangkan beban rasa bersalah Anda sedikit demi sedikit.

Nikmati waktu untuk sendiri

Rasa bersalah bisa menghabiskan energi Anda. Cobalah kali ini nikmati waktu untuk diri sendiri dan kerjakan sesuatu yang bisa membuat Anda bahagia. Bagaimanapun setiap orang berhak untuk bahagia, termasuk Anda.

Post a Comment