Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Siapa yang nggak suka ayam? Maksud izzyportal, menu kuliner olahan ayam gituuuu.. Kalau saya, mencium aroma ayam goreng dan ayam bakar saja sudah bisa memalingkan dunia *tsaaaaah*. Bisa dibilang, ayam sudah jadi lauk sejuta umat di dunia.

Di Yogyakarta, menu kuliner olahan ayam itu ada banyak bingit! Macam-macam deh! Mau tahu? Kali ini, Miss mau kasih referensi kuliner olahan ayam yang wajib kamu cobain kalau lagi ke Yogyakarta!

1. Ayam Geprek Jekardah

Alamat: Jl. Pandega Marta No.102B Pogung Baru, Sleman

Jekardah di sini bukan maksud plesetan dari nama kota Jakarta ya! Jekardah ini ada kepanjangannya. Jekardah adalah kepanjangan dari Jelas membaKar liDah! Hihihihi, lucu ya! Membakar lidah karena memang di sini menawarkan beberapa tingkatan rasa pedas. Nama tingkatan pedasnya juga kreatif! Ada level Pop, Jazz, blues, rock dan yang paling dahsyat adalah Dangdut Koplo (cabe 20)! Berani mencoba?

2. Ayam-ayam Resto

Alamat: Jl. Taman Siswa No. 114

Buat kamu yang benar-benar penggila ayam dan pengen semua yang kamu makan itu serba ayam, cobain deh ke Ayam-ayam Resto! Menunya serba ayam, mulai dari ayam goreng tulang lunak, ayam geprek, sampai steak ayam. Yang jadi favorit di sini adalah ayam goreng tulang lunak. Kamu bisa makan sampai tulang-tulangnya habis! Hihihihi..

3. Ayam Geprek Bu Nanik

Alamat: daerah Mrican

Sudah biasa makan tongseng ayam dan ayam geprek? Tapi, sudah pernah coba ayam geprek yang dipadukan dengan kuah tongseng belum? Kalau belum, coba deh ke ayam geprek Bu Nanik! Perpaduannya memang unik, tapi bagi kamu yang nggak terlalu suka, tenang saja karena kuah tongsengnya disajikan terpisah kok! Ayam geprek di sini merupakan ayam goreng tepung yang digeprek bareng sambel yang dijamin bikin kamu berkeringat. Apalagi kalau makannya sambil olah raga.

4. Ayam Kampung Bawang Goreng (WangReng)

Alamat: Jl. Tentara Pelajar No. 77 dan Jl. Godean KM 7

Siapa sih yang nggak suka ayam kampung? Gurihnya ayam kampung tentunya nggak akan ada yang nolak. Apalagi kalau gurihnya dipadukan dengan gurih dan renyahnya bawang goreng. Hmmmm.. tambah nggak nolak! Apalagi dimakan bareng nasi yang hangat. Hmmmm.. yummy! Buktinya, warung ini nggak pernah sepi dari pengunjung.

5. Ayam Mbok Sabar

Alamat: Jl. Jagalan No. 22

Buat kamu yang bosan dengan rasa ayam goreng biasa, cobain deh Ayam Mbok Sabar! Ayam gorengnya ada sensasi rasa manisnya. Ya, istilahnya ayam bacem laaah.. Enaknya, rasa manisnya tetap tidak menghilangkan rasa gurih dari ayamnya!

6. Ayam Goreng Pak Parman

Alamat: Jl. Wonosari-Jogja KM 3

Ayam goreng di sini, rasanya ruaaaarrr biasa! Walaupun ayam yang digunakan adalah ayam kampung, dagingnya benar-benar empuk! Ayam goreng ini disajikan bersama dengan kremesan yang crispy dan tentu saja menambah kenikmatan dari ayam goreng ini.

7. Ayam Goreng Tojoyo 3

Alamat: Jl. Urip Sumoharjo dan Jl. Brigjend. Sutoyo No. 60

Rasa ayam goreng di sini, kata-katanya sih lezat tak terkira! Ayamnya diolah dengan sangat baik sehingga dagingnya empuk dan lembut serta rasa asli dari dagingnya sendiri masih terasa. Yang bikin tambah mantab adalah rasa sambalnya yang bikin selera makan kamu bertambah.

8. Ayam Goreng Mbok Berek

Alamat: daerah Kalasan

Yang mau nyobain nenek moyangnya ayam goreng di Yogyakarta, coba deh ke sini! Ayam Goreng Mbok Berek ini sudah jadi legenda di Yogyakarta. Ayam goreng kampung dengan daging yang lebut, gurih, matang sempurna, dan dipadukan dengan kremesan crispy yang gurih, siapa sih yang nggak bakal ketagihan?! Kalau ke sini, mending bareng-bareng keluarga karena menunya ayam goreng utuh atau setengah utuh.

Itu beberapa referensi kuliner dari Miss. Sebenernya masih banyak tempat kuliner di jogja yang menyajikan ayam sebagai menu spesialnya, tungguin referensi miss bagian ke duanya yaa!

Semoga bikin kamu tambah gendut kalau kamu lagi di Yogyakarta! Hihihi..

Post a Comment