Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Suryapost.com - Kerja seharian dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore, membuat mata kita terasa lelah dan punggung terasa pegal, terkadang lebih capek dari pada nyangkul disawah, padahal masih banyak waktu yang nantinya akan kita gunakan untuk memelototi komputer, kalau sudah terlalu lama melototi komputer, rasanya seperti komputer itu menimpa mata saya. Waduh..komputer itu menimpa mata saya. Sehingga rasanya berat banget. Apalagi terkadang jika kita di sibukkan dengan dunia yang membuat kita sering lupa untuk mengistirahatkan mata. Yup betul..ngenet atau ngeblog. Kalau sudah ketemu yang itu, hmmm..bisa lupa segalanya. Nah agar mata kita selalu terjaga dari efek samping terlalu lama memelototi internet, coba tips ringan yang biasa banyak dilakukan orang-orang yang bekerja di kantor, seharian di depan komputer. Atau terlalu lama nonton TV.

Beri waktu mata untuk istirahat
Jangan Cuma asyik mencet tuts keyboard dan terus menatap layer monitor komputer, tapi ingat mata juga manusia, butuh istirahat, kalau mata gak di istrihatkan tentunya bisa membuat mata kita gak betah tinggal di tubuh kita..ck ck ck.. coba beralih pandangan selain layer monitor, contoh: liat rekan-rekan kerjamu yang lain, atau liat dokumen kerja, atau liat anak-anak PKL yang lagi mondar mandir, atau apa aja, yang penting jangan melihat komputer atau layer yang mengandung radiasi, dan coba juga lakukan pandangan fokus ke tempat yang lain, mungkin di sudut meja kerja anda ada wallpaper, atau tulisan-tulisan motivasi. Nah coba fokuskan mata anda untuk melihatnya, jika ternyata masih jelas, cari lagi yang lebih jauh, dan seterusnya. Ini akan membantu mata anda agar tetap dapat fokus dan sehat.

Jauhi Kursi panas
Nah coba ubah kebiasaan anda, jauhi meja kerja dan komputer anda, paling tidak 5 menit setiap satu jam, atau coba pergi jalan sebentar, untuk sekedar melihat sudut kantor, tapi ingat jangan lama-lama, ntar di cari bos. Atau juga bisa juga anda lakukan dengan menelpon rekan kerja, atau membereskan berkas-berkas anda yang berantakan dibawah meja.heheh

Kedipin mata-mata anda
Yang mesti anda ketahui, seperti yang saya baca dari majalah kesehatan, orang yang menatap komputer frekuensi berkedipnya jauh lebih sedikit dari pada orang yang tidak menatap komputer, nah..semakin sedikit kita berkedip maka semakin kering mata kita, sehingga membuat mata lelah dan tidak nyaman. Karena dengan berkedip mata akan semakin sering memproduksi air mata, sehingga membuat mata lembab. Lebih bagus lagi pas ada si kece yang lagi lewat di depan mata, kesempatan tuh buat berkedip lebih lama. Heheheh

Mata juga perlu relaksasi
Nah cara ini sederhana, tapi berdasarkan info yang saya dapat dari buku, sangat ampuh juga untuk merelaksasikan mata. Coba letakan tangan dimeja, dengan posisi telapak tangan menghadap keatas, kemudian jatuhkan kepala anda di atas tangan tersebut, dan sentuhkan tangan anda dengan dahi anda ( diatas alis ). Tutup mata dan tarik nafas dalam dalam kemudian tahan sebentar dan keluarkan. Lakukan gerakan ini 15 sd 30 detik saja.
Ya udah itu aja dulu, mudah-mudahan bermanfaat.

Post a Comment