Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Format Alignment digunakan untuk mengatur perataan tampilan data pada suatu sel. Perataan teks atau angka dalam sel sebenarnya secara otomatis sudah dilakukan oleh OpenOffice Calc, di mana data teks diatur rata kiri sedangkan data angka dan tanggal diatur rata kanan. Walaupun sudah diatur sedemikian rupa oleh system, tetapi kita masih dapat mengatur perataan teks sendiri, yaitu dengan bantuan tombol Align Left, Center, Align Right atau Justify yang terdapat pada toolbar formatting. Selain dengan toolbar formatting, kita masih dapat mengatur perataan teks menggunakan menu Format.

Untuk memformat perataan teks dengan menu format ini, lakukanlah langkah-langkah berikut:
  1. Pilih sel yang akan diubah formatnya.
  2. Pilih Menu: Format -> Cells
  3. Pilih Tab: Alignment

Dari Tab Alignment yang kita pilih, terdapat beberapa bagian yang digunakan untuk mengatur perataan teks pada sebuah sel, antara lain:

1). Text Alignment -> Horizontal: menentukan perataan data secara horizontal, dimana secara standar akan tertulis di dalam kotak dialognya adalah Default. Tetapi, kita bisa mengubah dengan memilih list yang ada, yaitu: Left (rata kiri), CenterI (rata tengah), Right (rata kanan), Justified (rata kiri dan kanan) dan Filled (data teks atau angka akan diulang penulisannya sehingga memenuhi lebar sel)

2). Text Alignment -> Vertical: menentukan perataan teks data secara vertical.
a. Top, data dalam sel akan diletakkan di atas atau rata atas tehadap tinggi baris.
b. Middle, data akan diletakkan rata tengah terhadap tinggi baris.
c. Bottom, data akan diletakkan di bawah atau rata bawah terhadap tinggi baris.

3). Text Orientation: menentukan arah penulisan teks, secara default teks ditulis secara mendatar atau horizontal dengan pembacaan teks dari kiri ke kanan, akan tetapi kita dapat mengubah arah penulisan menjadi vertical (Vertically Stacked) atau miring berdasarkan sudut kecuraman tertentu dengan menuliskan sudut kecuraman pada kolom degrees atau dengan menggerakkan penunjuk arah teks, atau dengan mengatur posisi teks yang telah dimiringkan tersebut (Reference Edge).

4). Properties: mengatur data pada sel.
a. Warp Text Automatically: melipat teks ke baris baru atau data akan ditampilkan ke bawah jika lebar sel tidak mencukupi untuk menampung panjang teks yang tulis.
b. Hyphenation Active: menambahkan garis pemisah pada kata yang terpotong di dalam sel.
c. Shrink to fit cell size: menyesuikan ukuran huruf suatu teks yang cukup panjang terhadap lebar kolom.

Halaman Terkait:
| Format data angka | Format data teks (font) | Proteksi sel |

Post a Comment