Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Data yang dimasukkan dalam spreadsheet dapat berupa tulisan tentang suatu masalah, atau kejadian lengkap yang disajikan dalam bentuk laporan dengan berbagai jenis format data. Data tersebut dikelompokkan menjadi sebuah informasi yang lebih bermakna, sehingga nantinya dapat digunakan untuk mengambil keputusan yang tepat.

Format Data Angka (Numbers)

Data angka (numbers) ditampilkan dalam bentuk susunan karakter yang berbentuk angka dan biasanya dapat dipergunakan dalam operasi perhitungan. Misalnya terdapat angka "2009", maka angka tersebut dapat ditampilkan dengan format yang berbeda-beda. Bisa jadi akan berubah menjadi Rp 2009.00, $2009, 2009.00, dan berbagai format angka lainnya. Semua angka tersebut bernilai sama, akan tetapi dalam penggunaanya berbeda-beda. Ada yang digunakan untuk menyatakan satuan, jumlah, uang, dan lain-lain.

Untuk mengedit dan memilih format data dari suatu sel yang berisi data angka dapat digunakan perintah dari menu: Format -> Cells kemudian pilih Tab Numbers. Selanjutnya akan terlihat beberapa kategori format beserta pilihan bahasa yang digunakan.


a. Format User-Defined: Format User-defined ini biasa disebut dengan format data General, yaitu sebuah format yang apa adanya tanpa ada perubahan pada sel sejak penulisan. Contohnya: 2009.

b. Format Number: Format data angka hampir mirip dengan format desimal. Ketika kita memasukkan data berupa angka ke sel, maka itulah yang tertulis. Sistem bisa mengenali bahwa itu adalah angka. Format data angka dapat ditulis dengan tambahan desimal, bisa berupa angka negatif, atau bisa juga ditulis tanpa tanda pemisah ribuan dengan ratusan. Contohnya: -2008, 2009.99.

c. Format Percent: Format data Percent digunakan untuk menampilkan angka persen dari suatu nilai di mana angka dalam sel tersebut dikalikan dengan 100 dan ditandai dengan simbol (%). Dalam penulisan persen, kita dapat menyertakan tanda desimal. Contohnya: angka 0,90 akan menjadi 90 %.

d. Format Currency: Format data Currency digunakan untuk menyatakan bahwa angka tersebut berformat sebagai mata uang. Secara default nilai currency dalam suatu sel adalah dollar ($), tetapi dapat diubah menjadi mata uang negara lain dengan cara memilih jenis mata uang pada bagian format Symbol. Contohnya: $2009, Rp 2.500,00.

e. Format Date: Seperti yang telah dijelaskan, bahwa format data date digunakan untuk menyatakan tanggal dengan bentuk penulisan ”mm/dd/yy” atau Bulan/Tanggal/Tahun. Namun format tersebut dapat diganti ke format yang lainnya sesuai dengan kebutuhan. Contohnya: 02-April-2009, May 31. 2009.

f. Format Time: Format data Time digunakan untuk menyatakan format waktu (jam) dengan bentuk penulisan ”hh:mm:ss” atau Jam:Menit:Detik. Format waktu ini juga dapat diubah sesuai dengan kebutuhan. Contohnya: 02:10 AM, 05:15:10 AM, 20:30 PM.

g. Format Scientific: Format data Scientific digunakan untuk menyingkat angka yang terlalu besar atau terlalu kecil dengan notasi ilmiah. Contohnya: 125.000.000 menjadi 1.25E + 08, artinya: 1.25 x 108.

h. Format Fraction: Format data Fraction digunakan untuk meletakkan angka pada posisi tertentu, misal digit ke 1, digit ke 2, digit ke 3 dan seterusnya. Bisa juga digunakan untuk membagi angka pada suatu sel dengan pembagi tertentu seperti per-dua, per-tiga, per-empat, per-lima, dan seterusnya. Hasilnya, angka pada posisi tertentu atau angka dalam bentuk tampilan diikuti dengan pembaginya. Contohnya: 1, 2, 3, ½, ¼, dan seterusnya.

i. Format Bolean Value: Format data Bolean Value digunakan untuk menampilkan informasi Benar atau Salah (True and False) dari suatu sel.

j. Format Text: Di dalam tipe data angka juga terdapat format text, yaitu format yang digunakan untuk mengubah angka menjadi teks biasa. Meskipun tampilannya angka, tatapi tidak dapat digunakan dalam proses perhitungan karena data sudah berubah menjadi teks. Contohnya: 5, 10, dan seterusnya. Dalam hal ini jika 5 dikalikan 10 tidak menghasilkan angka 50 melainkan menghasilkan teks yaitu 5*10.

Halaman Terkait:
| Format data teks (font) | Format alignment | Proteksi sel |

Post a Comment