Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Penyebab Kulit Sensistif
Kulit yang mudah bermasalah atau sensitif (Sensitive Skin) biasanya memiliki lapisan luar kulit yang lebih tipis ketimbang kulit pada umumnya. Akibatnya respon titik saraf jauh lebih tinggi, sehingga mudah mengalami reaksi terhadap hal-hal sepele.
Misalnya saat berada ditempat dingin, kulit jadi terasa kering, atau ketika mengoleskan produk kosmetik tertentu, tiba-tiba kulit memerah, kulit gatal dan terasa perih.
Secara umum, kulit menjadi sensitif atau mudah bermsalah karena dua faktor, yaitu :
1. Faktor Genetik
Jenis kulit seseorang umumnya diturunkan oleh orangtuanya. Begitu juga dengan kulit sensitif. Bahkan keturunan adalah faktor utama penyebab kulit sensitif. Jika memang sudah memiliki bakat atau keturunan kulit sensitif, adanya faktor pemicu tentu akan membuat kulit mudah bermasalah.
2. Faktor Pemicu
Ini adalah faktor yang memicu muculnya reaksi alergi pada kulit. Beberapa hal yang bisa memicu munculnya masalah kulit antara lain obat-obatan atau kosmetik yang dioleskan pada kulit, stress, dan faktor lingkungan.
Obat-obatan dan kosmetik tertentu bisa mengelupas kulit hingga kelapisan terdalam, sehingga kulit menjadi sulit untuk kembali ke kondisi awal.
Kulit yang sudah menipis akibat pemakaian obat-obatan dan kosmetik yang tidak tepat, akan membuat kelembaban kulit hilang. Jika kelembaban yang jadi faktor pelindung terluar kulit hilang, maka kulit akan menjadi rentan terhadap benda asing yang masuk ke kulit, sehingga kulit membuat reaksi alergi sebagai pertahanan diri.
Itulah mengapa kulit kering juga rentan mengalami masalah bila terpapar sesuatu. Jadi, kelembaban kulit menjadi kunci penting dalam melindungi kulit dari faktor luar. 
Faktor lain yang bisa memicu munculnya masalah pada kulit adalah kondisi tubuh yang menurun, stress, dan lingkungan seperti paparan sinar matahari dan suhu udara yang ekstrim.
Pada kondisi tubuh yang menurun atau sedang stress, semua orang bisa mengalami masalah pada kulit. Misalnya, mudah mengalami iritasi kulit atau alergi kulit. Hal itu, dikarenakan kondisi tubuh yang menurun juga akan menurunkan daya tahan kulit. (Cantiq).  

Post a Comment