Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

1. Populasi ibu dan bayi baru lahir berubah secara terus-menerus sebagai akibat variasi dalam struktur sosial, gaya hidup keluarga, peningkatan biaya pelayanan kesehatan, tidak memadainya distribusi sumber-sumber, dan kemajuan teknologi.

2. Dalam upaya memberikan gambaran deskriptif tentang kesehatan ibu dan bayi, membandingkan hasil akhir, dan merencanakan pelayanan kesehatan di masa depan, diperlukan pengumpulan dan interpretasi data yang sistematis dan akurat.

a. Data statistik yang dikumpulkan dapat menunjukkan kesehatan umum suatu kelompok, nilai pelayanan kesehatan dalam kelompok tersebut, ketersediaan dan akses ke pelayanan kesehatan yang dialami oleh kelompok tersebut, dan kesenjangan pelayanan kesehatan dalam sebuah kelompok.

b. Beberapa istilah statistik digunakan untuk menjelaskan tujuan akhir kehamilan dan kelahiran. Nilai-nilai yang melekat pada beberapa istilah statistik ini dapat sangat bervariasi di Amerika Serikat (dari negara bagian yang satu dengan yang lainnya dan di antara kelompok etnik) dan antarnegara. Namun, angka kematian bayi suatu negara dipandang sebagai indikator kesehatan umum negara tersebut. Angka ini adalah standar yang digunakan untuk membandingkan perawatan kesehatan negara tersebut dengan keadaan pada tahun sebelumnya dan dengan negara lain.

(1) Bila dibandingkan dengan negara maju lainnya, Amerika Serikat memiliki angka kematian bayi yang lebih tinggi daripada 20 negara lainnya. Satu alasan untuk hal ini adalah kurangnya keadilan dalam distribusi perawatan kesehatan diantara populasi yang beragam. Alasan lainnya mencakup pengurangan jumlah keluarga, peningkatan jumlah keluarga orang tua-tunggal (single parent), kurangnya sumber-sumber keuangan, kebutuhan akan pembatasan biaya dalam perawatan kesehatan, dan usia ibu.

(2) Penyebab utama kematian bayi adalah masalah yang terjadi pada saat persalinan atau beberapa waktu segera setelah persalinan. Masalah-masalah ini mencakup berat badan sangat rendah atau berat badan rendah, gawat napas, prematuritas, kematian bayi mendadak, dan kelainan kongenital.

Pustaka
Keperawatan Ibu- Bayi Baru Lahir Oleh Barbara R. Stright

Post a Comment