Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Saat ini, seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan komputer di berbagai sektor kehidupan yang dikenal dengan istilah komputerisasi, meningkatlah pula penyalahgunaan dari komputer tersebut dan salah satunya adalah virus. Virus merupakan suatu Program yang dibuat dengan tujuan negatif, yaitu untuk mengambil keuntungan dari kelalaian orang lain dalam menggunakan komputer. Perkembangan virus setiap harinya terus bertambah. Dan oleh karena itu, maka diperlukan suatu Program aplikasi khusus untuk mengatasi masalah virus tersebut, yaitu: Antivirus.

Program antivirus banyak macamnya. Ada yang berbayar (komersial), shareware, dan freeware. Contoh antivirus yang banyak digunakan dan bersifat komersial atau juga shareware, adalah: Norton Antivirus, McAfee, Bitdefender, AVG, dan Avira antivir. Sedangkan antivirus yang gratis namun tidak kalah bagusnya dengan yang komersial di antaranya: PCMav, Ansav, ClamAV, dan Avast.

Berikut ini, adalah antivirus yang digunakan pada sistem operasi Linux Ubuntu, yaitu Avast. Untuk bisa menggunakan Avast, kita harus terlebih dahulu men-download Avast dari situs http://www.avast.com/eng/download-avast-for-Linux-edition.html dengan ukuran filenya kurang lebih 28 MB. Langkah berikutnya, yaitu memasang (menginstall) Avast ke Ubuntu dan menggunakannya. Cara untuk pemasangan Avast ke Ubuntu adalah sebagai berikut:

a. Buka Program Terminal dari panel menu bar, kemudian masuk sebagai root dengan mengetik 'sudo su', dan tekan 'enter'. Kemudian, masukkan 'password' rootnya.


b. Masuk ke direktori, yaitu tempat file avast yang telah di-download tadi.


c. Ketikkan sudo dpkg –i avast4workstation_1.3.0-2_i386.deb dan tekan enter.


d. Restart komputernya dengan ketik reboot, tekan enter dan tunggu prosesnya.
e. Buka Program avast yang telah dipasang ke komputer.


f. Bila meminta kode, silakan ketik: W42401865H3600A1106-7H6T0YFH
g. Berikut ini gambar file Program avast yang telah aktif.


h. Untuk menggunakan Avast Antivirus, pertama kali tentukan tempat yang akan discan pada bagian Select folders to scan.
i. Kemudian, tentukan jenis scan, apakah cepat (quick), standar, atau mendalam (Thorough), dan untuk melihat file yang terkompresi, centang Test archives.
j. Setelah itu klik tombol Start scan.
k. Bila ingin menambahkan data file virus hingga antivirus bisa bekerja lebih maksimal dan bagus, klik tombol Update Database. Namun, sebelumnya kita harus yakin, kalau komputer kita telah bisa koneksi internet.

Halaman Terkait:
| Kegunaan beberapa program aplikasi | Program untuk menuliskan data ke keping cd atau dvd |

Post a Comment