Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


OpenOffice.Org Impress dapat kita buka dan kita jalankan dengan meng-klik 'Applications', kemudian arahkan mouse ke Office, klik 'OpenOffice.Org Presentation'.


Tampilan yang muncul pertama kali adalah presentation wizard, yaitu: jendela yang membimbing kita kedalam pembuatan presentasi. Agar lebih cepat, kita lewatkan saja jendela ini dengan klik tombol 'create'.


Sekarang, kita telah masuk ke dalam jendela OpenOffice.Org Impress. Jendela ini tidak jauh berbeda dengan jendela aplikasi Microsoft PowerPoint. Sehingga, kita tidak akan mengalami kesulitan bila sebelumnya kita sudah pernah menggunakan Microsoft PowerPoint.


Berikut penjelasan dari jendela aplikasi OpenOffice.org Impress.

a. Slide Pane (Jendela Pane)

Bagian ini menampilkan slide-slide yang ada pada dokumen presentasi. Daftar slide yang ada ditampilkan sesuai dengan urutan yang ingin ditampilkan. Beberapa aksi yang dapat dilakukan pada jendela slide adalah:
  • Menambahkan slide baru pada dokumen presentasi yang ada, setelah slide pertama.
  • Memberikan tanda pada slide tertentu agar tidak ditampilkan pada presentasi.
  • Mengubah nama tiap slide di dalam dokumen presentasi.
  • Menggandakan (copy), atau memindahkan (move) isi dari sebuah slide ke slide lainnya.
b. Task Pane (Jendela Operasi)

Pada Task pane terdiri dari 4 bagian, yaitu:
  1. Master Pages: Dibagian ini kita dapat menentukan style presentasi yang digunakan. Secara default, OpenOffice,org Impress menyertakan 4 template yang dapat digunakan. Untuk penambahan template dapat di-download.
  2. Layout: OpenOffice.org Impress menyediakan 20 model layout yang berbeda. Gunakan sesuai kebutuhan.
  3. Custom Animation: Bagian ini terdapat berbagai macam efek animasi yang dapat digunakan pada setiap elemen didalam slide. Cara membuat efek animasi akan dibicarakan pada postingan selanjutnya.
  4. Slide Transition: Efek pergantian slide. OpenOffice.org Impress menyediakan 56 efek pergantian slide yang berbeda. Juga, ada pengaturan kecepatan pergantian slide (slow, medium, fast). Dibagian ini juga, yaitu untuk menentukan apakah pergantian slide secara otomatis dengan rentang (delay) waktu tertentu, atau pergantian slide dengan cara manual (slide akan berganti ketika di klik).
c. Wordspace

Workspace, memiliki 5 tab menu, yaitu: Normal, Outline, Notes, Handout, dan Slide Order. 5 tab menu ini disebut juga sebagai 'View Button (Tombol Peninjau)'.
Selain itu, juga banyak toolbar yang dapat digunakan selama membuat presentasi. Untuk melihat toolbar yang tersedia, klik menu: View >> Toolbars.

Berikut, adalah fungsi dari bagian pada tab menu:
  • Normal View: adalah tampilan utama untuk membuat slide satu demi satu. Tampilan ini digunakan untuk merancang slide dan memberikan 'teks, gambar, dan efek animasi'
  • Outline View: yaitu menampilkan 'judul topik, list bullet, dan list nomor untuk tiap slide yang ada pada format outline'. Gunakan modus outline untuk mengatur ulang urutan slide, mengedit judul dan heading, serta mengatur urutan item-item yang ada didalam list, dan juga untuk menambahkan slide baru.
  • Notes View: digunakan untuk menambahkan catatan pribadi pada tiap slide, namun tidak akan ditampilkan pada presentasi.
  • Slide Order View: yaitu menampilkan thumbnail dari tiap urutan slide. Gunakan tampilan ini untuk mengatur urutan slide, menciptakan slide show, atau mengatur animasi perpindahan antara slide yang satu dengan yang lain.
  • Handout View: digunakan untuk mencetak slide dalam bentuk kertas. Kita dapat mengatur satu halaman yang terdiri dari: satu, dua, tiga, empat, lima, atau enam slide. Pengaturan-nya pada: Task Pane >> Layouts.
Langkah Untuk mencetak handout:
  1. Pilih menu File >> Print atau [Ctrl P] untuk membuka jendela dialog print.
  2. Pilih Option pada bagian pokok kiri bawah dari jendela dialog print.
  3. Beri tanda cek (√) Handouts pada bagian Contents. Hilangkan tanda cek pada bagian lainnya. kemudian klik OK.
  4. Klik OK untuk menutup jendela dialog.

Halaman Terkait:
| Membuat presentasi dengan openoffice impress | Membuat dokumen presentasi sederhana | Menambahkan template baru pada openoffice.org impress | Menambahkan efek animasi | Memulai dan menghapus efek animasi |

Post a Comment