Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips



Pernahkah kita memperhatikan, bagaimana suatu peralatan komunikasi seperti: telepon genggam (handphone), playstation, dan komputer dapat bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing ...? Dan apakah yang terjadi, apabila suatu saat peralatan tersebut mengalami kerusakan hingga tidak dapat digunakan seperti biasa ...?

Gambaran tersebut dapat membuka wawasan kita, bahwa: Suatu peralatan teknologi terbagi atas tiga bagian secara umum, yaitu:
  • pertama, bagian perangkat keras yang dapat kita pegang, dan dapat juga rasakan.
  • Kedua, bagian perangkat lunak yang tidak dapat kita pegang, namun dapat kita kendalikan.
  • Dan yang ketiga, adalah: manusia sebagai pengguna peralatan.
Suatu perangkat keras digital tidak dapat berfungsi dengan baik, tanpa adanya perangkat lunak yang dapat menjalankan, atau memberi instruksi kepada perangkat keras agar bekerja sesuai dengan tujuan perangkat keras tersebut dibuat.

Beberapa pertanyaan yang muncul saat ini adalah: Apakah perangkat lunak itu ...? Bagaimana perangkat lunak dapat menjadi bagian penting didalam suatu peralatan digital ...? dan Apa saja yang termasuk dalam bagian perangkat lunak tersebut ...?

Perangkat lunak adalah merupakan suatu rangkaian instruksi atau perintah, yang dibuat dan dipasangkan pada suatu perangkat keras, agar perangkat keras tersebut dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. Perangkat lunak berfungsi sebagai sarana inter-aksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak mempunyai sifat-sifat tertentu, misalnya: dapat dilihat, dapat digunakan, namun tidak dapat dipegang maupun dirasakan secara fisik. Contoh yang paling mudah untuk menggambarkan perangkat lunak yaitu pada suatu permainan, atau game yang kita mainkan, baik pada telepon genggam (handphone) maupun pada perangkat khusus permainan seperti misalnya playstation.

Perangkat lunak, sering kali dikenal dengan istilah software. Pada komputer, suatu perangkat lunak atau software, adalah merupakan suatu Program komputer yang memungkinkan sebuah komputer tersebut dapat melakukan suatu tugas-tugas tertentu. Perangkat lunak, dapat juga dikatakan sebagai 'penerjemah' dari perintah-perintah yang dijalankan oleh pengguna komputer, untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras.

Halaman Terkait:
| Klasifikasi perangkat lunak | Free open source software (foss) | Sistem operasi linux | Mengenal linux ubuntu | Kegunaan beberapa program aplikasi | Membuat presentasi dengan openoffice.org.impress |

Post a Comment