Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Komplikasi pada pembuluh darah besar di tungkai sering sekali terjadi pada diabetisi. Yang menyebabkan kelainan ini adalah penebalan dinding pembuluh darah besar (makroangiopati), lazim disebut aterosklerosis. Dengan penebalan tersebut, aliran darah ke tungkai dan kaki menjadi tidak lancar dan berkurang. Hal tersebut menimbulkan beberapa keluhan, di antaranya, kaki terasa dingin, kram (kejang) otot tungkai, dan kulit kering.

Keadaan ini sering kali juga didapati bersamaan dengan komplikasi neuropati. Makroangiopati dan neuropati pada kaki diabetes sering juga disebut diabetic foot (kaki diabetik). Neuropati yang berperan pada komplikasi ini terutama adalah neuropati pada kaki yang menyebabkan mati rasa (baal, kebas). Mati rasa menyebabkan penderitanya tidak akan merasakan apa-apa walaupun kakinya terluka parah. Jika tidak cepat diatasi, apalagi kalau kemasukan kuman (infeksi), kaki yang luka tersebut bisa menjadi borok parah dan bisa terancam diamputasi (operasi kaki/tungkai). Oleh karena itu, diabetisi sangat dianjurkan merawat kakinya.

Agaknya, bagi mereka yang taat shalat dan mengambil air wudhu dengan baik dan benar, kaki akan terawat setiap hari sehingga bisa mencegah infeksi pada kaki.

Pustaka
Diabetes? Siapa Takut Oleh Dr. Sri. Hartini KS Kariadi

Post a Comment