Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Pada pengulangan dengan For, banyaknya pengulangan diketahui dengan pasti karena nilai awal (start) dan nilai akhir (end) sudah ditentukan diawal pengulangan. Bagaimana jika kita tidak tahu pasti harus berapa kali mengulang? Pengulangan dengan While merupakan jawaban dari permasalahan ini. Seperti halnya For, struktur pengulangan dengan While juga merupakan struktur yang didukung oleh hampir semua bahasa pemrograman namun dengan sintaks yang berbeda.

Struktur While akan mengulang pernyataan pada badan loop sepanjang kodisi pada While bernilai benar. Dalam artian, kita tidak perlu tahu pasti berapa kali diulang. Yang penting sepanjang kondisi pada While dipenuhi, maka pernyataan pada badan loop akan diulang. Flowchart umum untuk struktur While dapat dilihat pada gambar 5.19.

Pada gambar 5.19., tampak bahwa simbol preparasi untuk pengulangan seperti pada For tidak digunakan lagi. Namun kita menggunakan simbol decision untuk mengendalikan pengulangan. Selain kondisi, biasanya pada pengulangan While harus dilakukan inisialisasi variabel terlebih dahulu.

Contoh 5.22. Pengulangan dengan While untuk mencetak nilai tertentu.

Perhatikan flowchart pada gambar 5.20. Bagaimanakah output dari flowchart tersebut?

Penyelesaian:
Perhatikan gambar 5.20. Bisakah kita menentukan hasil dari flowchart tersebut? Perhatikan tahapan eksekusi flowchart berikut ini.
  1. Pada flowchart ini ada dua variabel yang kita gunakan, yaitu: A dan B. Kedua variabel tersebut kita inisialisasi nilai awalnya (A = 1 dan B = 0) sebelum proses loop terjadi. Variabel A adalah variabel counter.
  2. Pada simbol decision, nilai A akan diperiksa apakah memenuhi kondisi (< 10). Jika Ya, maka perintah berikutnya dieksekusi, jika tidak, maka program akan berhenti. Pada awal eksekusi ini kondisi akan terpenuhi karena nilai A = 1.
  3. Jalankan perintah Print B.
  4. Nilai variabel A kemudian diganti dengan nilai A lama (1) ditambah 2. Sehingga nilai variabel A baru adalah 3. Sedangkan nilai variabel B = 9 (hasil perkalian A = 3).
  5. Program akan berputar kembali untuk memeriksa apakah nilai variabel A masih lebih kecil dari 10. Pada kondisi ini nilai A = 3, sehingga kondisi masih terpenuhi. Kemudian langkah berulang ke langkah ke 3. Begitu seterusnya sampai nilai variabel A tidak lagi memenuhi syarat kurang dari 10. Sehingga output dari flowchart ini adalah : 0, 9, 25, 49, 81.
Seperti halnya pengulangan dengan For, pengulangan dengan While juga memungkinkan terjadinya pengulangan bersarang. Aturan dan cara yang dilakukan sama dengan pengulangan dengan For.

Pada beberapa bahasa pemrograman juga disediakan pengulangan dengan cara Do ... Loop dan Repeat .. Until. Kedua cara ini mirip dengan While, perbedaannya adalah letak dari kondisi. Pada While pemeriksaan kondisi diletakkan sebelum badan loop. Sedangkan Do ... Loop dan Repeat ... Until, pemeriksaan kondisi dilakukan setelah badan loop.

Copyright © 2013. Artikel teknologi

Halaman Terkait:
| Struktur algoritma pengulangan | Struktur pengulangan dengan for |

Post a Comment