Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Bak mei (alis putih) master kung fu Leung Sheung bangga menunjukkan teknik pertahanan diri lain untuk kelasnya: tendangan samping, ambil, pukulan. Leung dieksekusi gerakan dengan banyak kelancaran dan presisi seperti yang diharapkan dari setiap veteran 20 tahun dari seni pertempuran. Para siswa kemudian ditiru kesempurnaan wujudnya. Di bagian belakang ruangan, orang tua cepat memalingkan wajahnya dan menggigit lidahnya, menelan tawanya.

Side tendangan! Ambil! Pukulan! Orang tua bersandar di dinding untuk dukungan. Sekarang tubuhnya bergetar saat dia berjuang untuk menyembunyikan rasa gelinya. Tiba-tiba usahanya gagal, dan diam tawanya tumbuh menjadi raungan keras tawa.

BRUCE LEE adalah merek dagang terdaftar dari Bruce Lee Enterprises LLC. The Bruce Lee Nama, gambar dan rupa adalah milik intelektual dari Bruce Lee Enterprises LLC. All rights reserved.

Leung berhenti kelasnya, wajahnya merah karena marah. "Hei, orang tua!" Bentaknya. "Apa yang kau tertawakan?"

"Oh, tidak," jawabnya. "Silakan lanjutkan. Saya akan mencoba untuk tidak mengganggu Anda lebih lanjut. "

Leung mengambil napas dalam-dalam dan mondar-mandir di ruangan. Dia masih marah. "Lihat, orang tua, beberapa bulan yang lalu kami menemukan Anda hidup dari tong sampah di Macao," katanya. "Kami membawamu ke sini ke Aula Union. Kami memberimu tempat untuk tidur dan makanan untuk dimakan. Paling tidak Anda bisa lakukan adalah menunjukkan sedikit rasa hormat ketika saya mengajar. "

Orang tua menegakkan tubuh telinga. Apakah ia mendengar orang itu berkata "menghormati"?

"Kemudian yang paling dapat Anda lakukan adalah menunjukkan sedikit rasa hormat untuk seni yang Anda mengajar," orang tua geram kembali. "Yang Anda lakukan adalah memiliki siswa Anda pukulan udara." Dia cepat pindah melalui teknik Leung: tendangan samping, ambil, pukulan. "Tapi udara tidak memukul balik. Apa yang terjadi ketika Anda menghadapi musuh yang akan? "

Orang tua itu menggeleng. "Jika Anda akan berlatih kung fu," katanya, "Anda harus melakukannya dengan serius - atau tidak sama sekali"

"Lihat, orang tua," teriak tuan Leung, "jika Anda berpikir Anda tahu sesuatu, kenapa tidak Anda datang ke sini dan mengajari saya?"

Dengan tantangan ini dari Leung pada hari itu di tahun 1952, Yip Man secara resmi membuka pintu pada karir 20 tahun sebagai instruktur seni bela diri dan patriark sayap chun. Berdiri hanya 5 meter dan berat 120 kilogram, Yip Man melanjutkan untuk membuang 6-kaki, 200-pon bak mei menguasai sekitar ruangan dengan hampir tidak ada upaya. Tidak peduli seberapa Leung menyerang, dia selalu menemukan dirinya dengan hati-hati disimpan di lantai. Ketika semua dikatakan dan dilakukan, Leung telah menyerah nya kelas kung fu di restoran Serikat Pekerja Hall Yip Man dan telah menjadi murid pertama Yip Man.

Past Master

Yip Man tidak bahagia menerima peran barunya dalam hidup. Sebelum Perang Dunia II, ia telah menjadi anggota dari sebuah keluarga pedagang kaya di kota Cina selatan Fatshan, di provinsi Kwangtung. Ia memiliki sebuah rumah besar, bisnis makmur dan peternakan, dan dia telah menikmati hidup relatif mudah dengan istri dan keluarganya.

Antara 1937 dan 1941, Yip Man bertugas di tentara selama upaya nekat China untuk mengusir invasi Jepang. Dia kembali ke keluarganya di Fatshan selama tahun-tahun pendudukan Jepang. Kali keras. Pertanian hancur, dan istrinya sakit.

Akhir perang membawa sedikit perbaikan. Cina diperlukan untuk membangun kembali kota-kota dan kota-kota yang dilanda tetapi menemukan dirinya terlibat dalam perang sipil sebagai gantinya. Pemerintah Cina Nasionalis direkrut Yip Man ke pos kapten polisi patroli untuk Namhoi County. Meskipun janji pemerintah membantu kondisi kehidupan Yip Man wisma, itu tidak datang pada waktunya untuk mencegah kematian istri Yip Man dari penyakit diperpanjang.

Setelah kemenangan komunis pada tahun 1949, Yip Man meninggalkan dua putranya tumbuh di Fatshan dan melarikan diri ke Hong Kong. Jika ia tetap, posisinya sebagai kapten polisi akan berarti kematian hampir pasti di tangan kaum Komunis. Dengan demikian, pada usia 51, Yip Man dipaksa untuk memulai kehidupan yang sama sekali baru dari awal.

    "Ketika Komunis mengambil alih, ia kehilangan semua aset berwujud utamanya," jelas William Cheung, salah satu murid paling senior Yip Man. "Tapi ia masih memiliki apa pun yang ia bisa membawa: uang, emas batangan, dll Tapi Fatshan adalah kota yang sangat kecil dibandingkan dengan Hong Kong dan Makau. Ada banyak operator cerdas di kota. Jadi dia segera kehilangan sebagian uangnya melalui orang-orang menipu dirinya.

    "Kemudian patah hati kehilangan rumahnya dan istrinya dan dipisahkan dari keluarganya menyusulnya. Ia menjadi kecewa dan mungkin mulai kasihan dirinya. Segera, bangsawan Cina menemukan dirinya miskin.

    "Kemudian Leung Sheung dan chap disebut Cheng Kao menemukannya berkeliaran di dermaga Makau. Dia tampaknya menjadi tunawisma. Mereka tidak tahu bahwa dia adalah seorang seniman bela diri. Mereka hanya menjadi baik. Mereka akan membantu siapa pun yang mereka bisa. Jadi mereka membawanya kembali ke tempat dari restoran Serikat Pekerja Hall. Mereka membiarkan dia tinggal di sana. Ketika Yip Man mulai mengajar di Union Restaurant, ia pertama kali mengajar Leung Sheung, Lok Yiu dan Cheng Kao. Lalu ada beberapa orang lain, seperti Tsui Sung Ting. Tentu saja, Leung Sheung, menjadi seorang master kung fu sudah sebelum ia belajar wing chun, berkembang lebih cepat daripada yang lain.

    "Beberapa bulan kemudian sisa dari kami muncul."

Yip Man dengan cepat terbukti menjadi instruktur yang paling tidak biasa. Misalnya, Cheung ingat bahwa selama tujuh tahun ia menghabiskan dengan gurunya, dia tidak pernah melihat Yip Man benar-benar mengajarkan kelas chun sayap. Yip Man biasanya hadir di belakang ruangan, mengawasi asisten instruktur dan siswa mengoreksi favoritnya, tetapi tugas sebenarnya instruksi dibiarkan Leung Sheung, Lok Yiu, Tsui Sung Ting, Wong Shun Leung dan William Cheung.

"Dia tidak pernah mengajar kelas sendiri," kata Cheung. "Yah, hanya dalam beberapa situasi ... dengan klien besar, orang-orang yang bisa membayar sangat berat untuk sesi pribadi. Pada waktu itu, dia sering membawa saya bersama. Lalu, kira ia akan mengajarkan teknik kayu-boneka, ia akan menunjukkan teknik sekali. Setelah itu, saya akan membantu orang. "Kelas reguler Yip Man umumnya terdiri dari bentuk latihan, chi sao (perangkap tangan) latihan, teknik kayu-dummy dan perdebatan gratis. Tidak ada pola khusus pada sesi. Setiap asisten instruktur diizinkan untuk latihan beberapa kebijaksanaan pribadi.

Pada saat langka, grandmaster mungkin menyentuh tangan dengan salah satu murid favorit di chi sao praktek. Tetapi mereka kesempatan akan berlangsung hanya selama beberapa detik pada suatu waktu. Yip Man takut bahwa dengan melakukan chi sao dengan junior, teknik sendiri akan memburuk. Dia harus memperlambat untuk membuat bukaan untuknya.

Yip Man memiliki gaya lembut yang diajarkan lebih dengan contoh dan saran daripada kata yang diucapkan. Ia mendesak murid-muridnya untuk tidak mengganggu orang-orang atau bertindak dalam cara yang kasar atau sombong. Dan ia mencoba untuk menjaga mereka dari pertempuran di geng jalanan Hong Kong, meskipun ia mendorong persaingan terorganisir.

Kenangan Bruce Lee

Dalam Bruce Lee: The Man Hanya Aku Tahu (Warner Books, 1975), Linda Lee mengutip dari sebuah esai yang ditulis oleh suaminya untuk mahasiswa bahasa Inggris pada tahun 1961. Esai jelas menggambarkan halus taktik Yip Man akan menggunakan untuk mempengaruhi murid-muridnya:

    "Setelah empat tahun pelatihan keras dalam seni gung fu (kung fu), saya mulai memahami dan merasakan prinsip kelembutan - seni menetralkan efek upaya lawan dan meminimalkan pengeluaran energi seseorang. Semua ini harus dilakukan dalam ketenangan dan tanpa berjuang. Kedengarannya sederhana, tetapi dalam aplikasi yang sebenarnya itu sulit. Saat aku terlibat dalam pertempuran dengan lawan, pikiran saya benar-benar terganggu dan tidak stabil. Apalagi setelah serangkaian pertukaran pukulan dan tendangan, semua teori saya kelembutan hilang. Saya hanya berpikir tersisa entah bagaimana atau lain saya harus mengalahkan dia dan menang.

    "Instruktur saya, Profesor Yip Man, kepala sekolah chun sayap, akan datang kepada saya dan berkata: 'Santai dan menenangkan pikiran Anda. Lupakan tentang diri Anda dan ikuti gerakan lawan. Biarkan pikiran Anda, realitas dasar, melakukan gerakan balasan tanpa musyawarah mengganggu. Di atas semua, belajar seni detasemen. '

    "Itu saja! Saya harus rileks. Namun, di sini saya telah melakukan sesuatu yang bertentangan, bertentangan dengan keinginan saya. Ketika aku bilang aku harus rileks, permintaan untuk upaya 'harus' sudah tidak konsisten dengan effortlessness dalam 'santai'. Ketika saya akut kesadaran diri tumbuh menjadi apa yang psikolog sebut jenis 'double-blind', instruktur saya akan lagi mendekati saya dan berkata: 'Pertahankan diri Anda dengan mengikuti tikungan yang alami dan tidak mengganggu. Ingat tidak pernah untuk menegaskan diri terhadap alam, tidak pernah berada dalam oposisi frontal terhadap masalah apapun, tetapi mengontrolnya dengan berayun dengan itu. Jangan berlatih pekan ini. Pulang dan berpikir tentang hal ini. "

    "Minggu berikutnya aku tinggal di rumah. Setelah menghabiskan banyak waktu dalam meditasi dan latihan, aku menyerah dan pergi berlayar sendirian di sebuah sampah. Di laut saya memikirkan semua pelatihan masa lalu saya dan marah pada diriku sendiri dan menekan di air. Saat itu pada saat itu, pikiran tiba-tiba memukul saya: Bukankah air ini, hal yang sangat mendasar, esensi gung fu? Bukankah air umum menggambarkan kepada saya prinsip gung fu? Aku memukul hanya sekarang, tapi itu tidak menderita sakit. Sekali lagi saya ditusuk dengan sekuat tenaga, namun itu tidak terluka. Saya kemudian mencoba untuk memahami beberapa hal tapi itu tidak mungkin. Air ini, substansi terlembut di dunia, bisa muat dirinya menjadi wadah apapun. Meskipun tampak lemah, bisa menembus substansi yang paling sulit di dunia. Itu saja! Aku ingin menjadi seperti sifat air. "



Meskipun Lee menambahkan sedikit sendiri kejeniusannya dengan peristiwa yang terkait dalam esai ini, itu tidak menunjukkan intelektual serta ketinggian teknis yang Yip Man terinspirasi murid-muridnya. Tetapi pada saat yang sama, sayap chun grandmaster juga memiliki sifat lucu. Dia mencintai lelucon praktis Lee - yang mungkin sulit dilakukan ketika ia akan muncul untuk kelas dengan gatal bubuk, vibrator jabat tangan dan kamera air menyemprotkan.

"Yip Man memiliki rasa humor yang sangat baik," kata Cheung. "Dia suka memberikan mahasiswanya julukan, dan ia akan memakan waktu lama untuk bermimpi mereka. Seperti Wong Shun Leung disebut 'Wong Ching Leung,' yang berarti bahwa dia seperti banteng. Aku dipanggil 'Big Husky Boy. "Dan Bruce dijuluki' Upstart. '"

Dua tahun setelah Yip Man mulai mengajar di restoran Serikat Pekerja Hall, ia diminta untuk meninggalkan. Kelas telah tumbuh begitu besar dan termasuk begitu banyak anggota nonunion bahwa aula telah benar-benar menjadi sekolah kung fu. Jadi Yip Man dan para pengikutnya membuka komersial pertama wing chun sekolah pada Lei Dat Street di Distrik Yaumatei Kowloon.

Meskipun Yip Man sekarang anggota swadaya masyarakat dengan bisnis yang sukses, hidupnya masih tidak bahagia.

    "Dia menikah lagi pada tahun 1954," kata Cheung. "Dia adalah sekitar 56, dan dia adalah sekitar 40. Dia bertemu dengannya di sebuah restoran, saya pikir. Anyway, beberapa orang berpikir dia tidak memiliki masa lalu yang sangat bersih. Semua murid-muridnya semacam menatapnya, dan ini buatan Yip Man sangat marah.

    "Orang tidak menyadari bahwa perubahan hidup. Bergerak dalam siklus. Kadang-kadang berlangsung, kadang-kadang melampaui. Jadi ada saat-saat bahwa Anda harus melupakan masa lalu. Para siswa yang sangat berpikiran sempit. Mereka hanya tidak menunjukkan rasa hormat untuk tuannya. Mereka bahkan digunakan untuk mengatasi dia sebagai 'orang tua' kadang-kadang dalam cara yang sangat sopan.

    "Ini adalah salah satu alasan Yip Man tidak pernah mengajarkan kelas pribadi. Dan saya tidak berpikir dia melakukan hal yang salah dengan tidak mengajar. Hanya setelah ketenaran Bruce Lee apakah mereka menyadari bahwa master adalah begitu besar dan bahwa gaya itu begitu besar karena mereka melihat bahwa itu bisa menghasilkan praktisi seperti Bruce. "

Menurut Cheung, kesulitan Yip Man dengan murid-muridnya yang semakin diperburuk oleh penggunaan narkoba yang terus-menerus. Terkadang sewa sekolah akan dibayar. Pada 1956 Yip Man telah diusir dari sekolah pertamanya di Yaumatei.

Sayap chun klan kemudian pindah ke sebuah apartemen di sebuah proyek perumahan yang didukung pemerintah, di mana Yip Man tinggal dan mengajar. Murid-muridnya membentuk sebuah komite yang dikumpulkan iuran sekolah, membayar sewa dan meninggalkan Yip Man dengan tunjangan hidup.

Cheung ingat bahwa selama periode ini, tuannya kadang-kadang harus berjuang untuk bertahan hidup - secara harfiah. "Pada saat kami pindah ke rumah pemerintah, ada pembatasan di atas air," katanya.

    "Mereka hanya menyalakan air sekali setiap empat hari selama empat jam, sehingga Anda harus mengumpulkan ember air untuk menyimpan sampai empat hari ke depan sudah berakhir.

    "Biasanya aku melakukan semua tugas-tugas dan organisasi di sekitar apartemen, tapi pagi itu, aku berada di pasar dan guruku ingin mendapatkan air. Sekarang semua penyewa harus mendapatkan air dari keran pemerintah yang sama.

    "Para gangster lokal punya memegang keran ini dan dikenakan biaya 50 sen setiap orang ember.

    "Nah, karena itu begitu awal di pagi hari, Yip Man tidak memiliki humor untuk berdebat dengan karakter tersebut, sehingga ia menantang mereka.

    "Aku baru saja kembali ke apartemen ketika aku mendengar keributan itu. Aku bisa melihat apa yang terjadi dan aku mulai berlari ke arah itu. Yip Man berjuang setidaknya enam atau tujuh. Para preman semua memiliki tiang untuk membawa ember. Mereka mungkin menggunakannya untuk mengancam orang. Yip Man mengambil salah satu kutub mereka, maka ia diratakan mereka semua dalam hitungan detik. Ketika aku sampai di sana, mereka semua menyeret kutub mereka, memegang kepala mereka dan melarikan diri.

    "Sejak saat itu, setiap pagi - bukan hanya setiap empat hari, tapi setiap pagi - dua ember air dikirim ke apartemen."

Seperti tahun-tahun berlalu, reputasi Yip Man sebagai instruktur tumbuh, dan ia akhirnya mampu membayar akomodasi yang lebih baik. Bahkan, tahun 1964 ia mampu membawa kedua putranya dan keluarga mereka dari Cina daratan. Tiga tahun kemudian, sebagian karena kemakmuran dibawa kepadanya melalui Bruce Lee, The Green Hornet ketenaran, Yip Man membuat langkah terakhirnya ke besar, gym yang lengkap.

Hari ini, Yip Man seni bela diri warisan telah terbungkus dalam misteri. Banyak wing chun instruktur mengklaim sebagai murid langsung nya atau pewaris pribadi dari beberapa set rahasia sayap teknik chun. Namun, seperti Cheung menegaskan, "Mungkin kurang dari enam orang di seluruh wing chun klan secara pribadi diajarkan, atau bahkan sebagian mengajarkan, oleh Yip Man. Yip Man harus mengajar dua pertama sehingga dua yang pertama bisa mengajarkan enam berikutnya. "

    "Tapi Yip Man begitu cerdas dalam seni bela diri bahwa ia tidak bisa berdiri siswa yang lambat," kata Cheung. "Dia sangat sabar dengan siswa yang lambat. Jadi dia tidak tahan untuk mengajar lebih dari beberapa. Juga, ia milik tradisi lama, dipengaruhi oleh Pemberontakan Boxer, yang percaya bahwa seni bela diri tidak boleh diteruskan kepada Barat. Dia bahkan percaya bahwa wing chun harus hanya seni rumah tangga.

    "Yip Man adalah orang terdidik yang tidak pernah ingin mengajar kung fu. Mencintai-Nya terbaik sedang menonton sepak bola dan menghadiri opera Cina. Kebenciannya terkuat adalah untuk ketidaktahuan. Itu sebabnya dia tidak suka banyak seniman bela diri. Dia adalah seorang pria kesempurnaan. Dia percaya bahwa di sana ada setengah jalan untuk melakukan sesuatu.

    "Itulah mengapa banyak orang tidak memahaminya."

Pada bulan Mei 1970, Yip Man secara permanen menutup pintu pada karirnya sebagai instruktur seni bela diri. Dia meninggal karena kanker tenggorokan pada tanggal 2 Desember 1972. Dia adalah 79.

Post a Comment