Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Menikmati Keindahan Deretan Pantai Selatan Jogja - Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata yang paling populer di Indonesia selain Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali dan Medan. Yogyakarta sering dikenal karena kota yang kental akan kebudayaan dan keseniannya. hampir setiap tempat di Jogja menyuguhkan inspirasi tersendiri bagi wisatawan yang datang ke kota ini.

Kota Yogyakarta adalah kota istimewa dengan kondisi kotanya, penduduknya, budayanya, serta tempat wisatanya. Salah satu tempat wisata yang bisa dinikmati di Jogja adalah wisata pantai yang terbentang di sepanjang pantai Selatan Kota Yogyakarta. sebenarnya ada banyak pantai yang bisa dikunjungi karena letaknya berdekatan antara pantai satu dengan yang lainnya. tetapi kali ini Izzyportal akan sharing beberapa pantai yang cocok buat destinasi wisata liburan akhir tahun buat kamuuuu ^^

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah yang pantai di selatan Jogja yang paling dikenal oleh wisatawan. Letaknya 27 km ke selatan Kota Jogja. di Parangtritis, wisatawan bisa bermain-main dengan ombak, pasir pantai, naik dokar, kuda, & bermain dengan ATV. Wisatawan juga bisa menikmati keindahan pantai dari atas tebing. bagi wisatawan yang suka sunset, Parangtritis adalah salah satu destinasi yang tepat, karena wisatawan bisa menikmati senja merah yg eksotik dan menawan. dan, di ujung timur Pantai Parangtritis dengan gugusan karang yang indah, sering dijadiin spot bwt foto pre-wedding.

2. Pantai Depok

Letaknya Pantai Depok masih berdekatan dengan Pantai Parangtritis, bahkan masih dalam satu kawasan pantai. Kalau dari Parangtritis, Pantai Depok ini ke arah barat, nanti di jalan wisatawan akan menemui gunungan pasir yang biasanya dipakai untuk syuting video klip atau ambil gambar bagi fotografer. Bisa dibilang Pantai Depok adalah pusatnya kuliner seafood di wilayah Jogja bagian Bantul. Di sana wisatawan bisa memilih sendiri menu makannya dan ikan yang mau dimasak. bila wisatawan menginginkan senja yang perfect, dateng aja ke Pantai Depok. Pantai ini menyajikan suasana senja yang mengagumkan, apalagi kalau bersama pasangan.

3. Pantai Parangkusumo

Pantai ini juga dikenal sebagai Pantai Cinta di Jogja, tau kenapaaa?? soalnya kalau wisatawan mau ke Pantai ini, nanti wisatawan akan melewati Batu Cinta. Batu Cinta yang dimaksud di sini bukan batu yang berbentuk hati atau berwarna pink. Konon katanya, di Batu Cinta itu dulunya menjadi pertemuan antara Panembahan Senopati dan Ratu Pantai Selatan, yang akhirnya membuat keterikatan antara mereka berdua dan rakyat Jogja. maka dari itu, di Batu itu sering ada bunga ditabur disana dan menjadi tempat untuk bertapa.

4. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai diantara deretan pantai di Gunung Kidul yang dikelola sedemikian baiknya. Disana ada restoran, tempat makan, tempat nongkrong, tempat teduh, cafe, juga penginapan. Di Pantai Indrayanti, wisatawan bisa merasakan dinner romantis, menikmati suasana malam yang tenang, temaram, dan ditemani dengan bintang-bintang di tepi pantai. kabarnya, Nama Indrayanti itu diambil dari nama cafe dan tempat makan yang ada dipantai itu yang bertuliskan “Indrayanti”, sehingga banyak wisatawan yang menyebutnya Pantai Indrayanti.


5. Pantai Pok Tunggal

Pantai ini dikelilingi oleh tebing tinggi, jalan untuk ke pantai ini juga lumayan susah, sehingga kurang begitu terekspose oleh wisatawan luar Jogja. tetapi, begitu sampai di Pantai ini, kelelahan itu akan terobati begitu menyaksikan pemandangan dan merasakan kesejukan pantai ini. Pantai Pok Tunggal menyajikan hamparan pantai hijau karena rumput lautnya, dan tidak sdikit orang yang bermain kesana sambil membawa kantong plastik untuk wadah rumput laut.


6. Pantai Siung


Pesona Pantai Siung terhampar di jutaan pasir putih yang membentang dari timur ke barat, ditambah dengan panorama birunya air laut serta karang dan tebing-tebing raksasa yang tegak berdiri di sisi barat dan timur pantai Siung. Tak hanya berdiri tegak menjadi hiasan pantai, tebing-tebing itu juga menjadi arena panjat bagi yang menyukai panjat tebing.




7. Pantai Samas

Pantai Samas masih berada di kawasan Pantai Selatan kota Jogja sebelah barat, berdekatan dengan pantai Parangtritis. Pantai Samas memiliki keunikan tersendiri, disana ada delta-delta sungai dan danau air tawar yang oleh pemprov DIY digunakan sebagai tempat penangkaran penyu. Pasir pantai Samas sering digunakan oleh penyu untuk mendarat dan bertelur. banyak penyu langka yang bertelur disini, seperti penyu langka seperti Penyu Hijau, Penyu Sisik, Penyu Blimbing, dan Penyu Lekang.

Sebenarnya masih ada banyak pantai di jogja yang bisa anda kunjungi , juga beragam wisata alam menarik lainnya di yogyakarta  , apa yang kami tulis disini hanya sebagian besar gambaran pantai-pantai indah didaerah jogja, semoga dapat menjadi inspirasi menikmati liburan anda , ayoo berkemas kunjungi jogja :_D

Post a Comment