Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips



Suatu ketika mungkin kita akan menyalin data ke dokumen spreadsheet di mana suatu data dalam cell yang dimaksudkan sebagai bilangan (number) masuk sebagai teks (text). Kasus lainnya data-data bilangan tersebut awalnya memang diformat sebagai text dan saat ini kita menginginkannya benar-benar sebagai number. Alasannya, apabila suatu penulisan bilangan terformat sebagai teks, ketika diubah format number-nya maka tidak terjadi perubahan sesuai seperti yang diinginkan, karena format number tersebut akan berlaku hanya jika format asalnya adalah number.

Dalam Microsoft Excel, ketika suatu cell diisi angka-angka namun formatnya berubah menjadi text, maka pada cell tersebut muncul semacam peringatan yang ditandai dengan kotak kuning yang di dalamnya ada tanda seru ("!") pada bagian sebelah kanan dan tanda berwarna hijau di bagian kiri atas karakternya. Untuk melakukan konversi, caranya adalah dengan menyeleksi semua cell yang dimaksud, klik pada tanda peringatan yang berada di sebelah kanannya dan pilihlah Convert to Number.

Ada cara yang dapat diterapkan di Microsoft Excel dan juga di OpenOffice.org Clc. Sebagai contoh, dimisalkan cell-cell yang akan dikonversi berada dalam satu kolom, yaitu di kolom A. Kita membutuhkan kolom lain sebagai pembantu, misalnya kolom B. Pada cell B1, masukkan formula: =VALUE(A1).

Fungsi VALUE ini akan mengkonversi text yang berada di cell A1 menjadi number. Selanjutnya, copy-paste-kan cell B1 ke cell-cell di bawahnya (B2 dan seterusnya). Jika sudah yakin proses konversi berhasil, seleksi cell-cell di kolom B dan copy. Untuk memindahkan isinya ke kolom A, seleksi cell-cell di kolom A, klik kanan dan pilih Paste Special. Untuk pengguna Microsoft Excel, pilih opsi value pada dialog box yang muncul, sedangkan untuk pengguna OpenOffice.org Calc, buang tanda centang pada opsi Formula pada dialog box yang muncul. Sedangkan untuk kolom B dapat dihapus isinya karena sudah tidak dibutuhkan.

Halaman Terkait:
| Memasukkan data | Memformat kolom dan baris | Memformat Sel dengan tipe data yang sesuai | Format halaman | Menyimpan lembar kerja | Mencetak lembar kerja |

Post a Comment