Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Seperti yang telah dikemukakan pada pengantar Halaman label ini, bahwa: dalam aplikasi spreadsheet biasanya terdapat beberapa jenis data yaitu teks, angka, tanggal dan waktu.

(Lihat, atau Klick Gambar ...!)


Berikut adalah penjelasan dari masing-masing jenis data tersebut.

a. Teks (String): Jenis data teks jika dimasukkan ke dalam sel, maka formatnya akan otomatis rata kiri. Data jenis teks merupakan suatu data yang terdiri atas karakter atau bisa berupa gabungan dari huruf dan simbol serta angka. Biasanya data jenis teks ini ditampilkan dalam beberapa bentuk huruf (font), ukuran (size), warna (color), dan berbagai format teks yang lainnya.

Untuk mengatur format tampilan teks dapat dilakukan melalui menu maupun menggunakan toolbar Formatting. Beberapa ikon pada toolbar Formatting dapat digunakan untuk mengatur format teks.

(Lihat, atau Klick Gambar ...!)


b. Angka (numerik): Jenis data angka jika dimasukkan ke dalam sel, maka formatnya akan otomatis rata kiri. Data jenis angka merupakan suatu data yang terdiri atas karakter berupa angka, simbol mata uang, dan simbol-simbol lainnya yang bisa dipergunakan dalam perhitungan.

c. Tanggal (date): Jenis data tanggal jika dimasukkan ke dalam sel, maka format default yang ditampilkan adalah mm/dd/yy di mana 'mm' adalah bulan (Mounth), dan 'dd' adalah tanggal (Date), serta 'yy' adalah tahun (Year). Format ini dapat diubah sesuai dengan kebutuhan.

d. Waktu (time): Jenis data waktu jika dimasukkan ke dalam sel, maka format default yang akan ditampilkan berupa hh:mm:ss di mana 'hh' adalah jam (Hours), dan 'mm' adalah menit (Minutes), serta 'ss' adalah detik (Seconds). Untuk berbagai keperluan, maka format data waktu ini juga dapat diubah sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai catatan, format pemasukkan data tanggal dan waktu mungkin akan berbeda untuk setiap komputer, tergantung pada Regional Setting dan pengaturan yang ada pada komputer saat instalasi.

e. Rumus (formula): Selain dari empat jenis data di atas, ada satu tambahan jenis data yaitu formula atau rumus. Jenis data ini digunakan untuk mempermudah operasi perhitungan dalam lembar kerja. Penulisan rumus biasanya harus diawali dengan tanda sama dengan (=), sedangkan dalam operasi perhitungannya menggunakan beberapa operator, yaitu:
  1. Operator Aritmatika (hitung)
  2. Operator Logika
  3. Operator Teks

Halaman Terkait:
| Memasukan data | Menggunakan fill series | Menggunakan sort lists |

Post a Comment