Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Untuk memasukkan data ke dalam lembar kerja, kita dapat melakukannya dengan menggunakan mouse atau tombol panah pada keyboard untuk berpindah ke antar sel. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat memasukkan data pada lembar kerja, yaitu: posisi data yang dimasukkan akan berubah secara otomatis pada saat memasukkan data. misalnya, data teks akan berada pada posisi rata kiri dan data angka akan berada pada posisi rata kanan. Data yang diketikkan pada lembar kerja akan tertulis, apabila kita menekan tombol enter, tombol tab, atau tombol anak panah pada keyboard. Bisa juga dengan mengganti posisi kursor ke sel yang lain dengan mouse.

Kemudian, data yang telah ditulis pada suatu sel dapat terhapus, apabila pada sel tersebut kita mengetikkan sasuatu. Jika terjadi kesalahan pada saat pengetikan, maka kita dapat memilih perintah Undo pada menu Edit. Cara lainnya adalah dengan menekan tombol Backspace dan Delete untuk menghapus isi sel. Jika kita ingin mengganti atau mengedit isi sel, dapat dilakukan dengan mengklik dua kali pada sel yang akan diubah atau dengan menekan tombol F2 pada keyboard.

Memasukkan Data

Agar kita lebih memahami teori jenis-jenis data di atas, kita dapat mempraktikkan langsung di komputer kita beberapa jenis data ke dalam lembar kerja OpenOffice Calc mulai dari data teks, angka, kemudian tanggal dan waktu seperti contoh yang akan kkita tunjukkan di bawah ini.

a. Data Teks: Bentuk dari data teks ini berupa karakter, atau dalam hal ini bisa berupa huruf yang tidak dapat dipergunakan dalam operasi perhitungan. Dalam hal penggunaan rumus, data teks bisa ditempatkan sebagai karakter atau string dengan format penulisan harus disertakan tanda kutip dua. Contohnya data berupa: nama-nama orang, alamat, dan berbagai data lainnya seperti dalam gambar berikut ini:

Gambar 6.3: Contoh Jenis Data Teks (Nama Lengkap dan Alamat)

b. Data Angka: Semua jenis data angka pasti bisa digunakan dalam operasi perhitungan matematika. Oleh karena itu, pastikan tidak ada campuran berupa karakter lain selain data angka (numbers) seperti tanda kutip, titik koma, atau tanda baca lainnya.

Ketika menuliskan rumus berdasarkan data angka, maka tidak perlu tambahan karakter berupa tanda kutip dua seperti yang dilakukan pada data teks. Contoh untuk data angka dapat berupa: nomor induk siswa, nomor urut ujian, nomor telepon, dan berbagai jenis data angka lainnya seperti pada gambar berikut ini:

Gambar 6.4: Contoh Jenis Data Angka (No. UAS dan Nilai)

c. Data Tanggal: Format data default yang dimasukkan dalam sel sebagai data tanggal adalah: Bulan-Tanggal-Tahun. Dalam aplikasinya dikehidupan kerja, kita bisa menemukan banyak contoh bentuk formulir dan laporan yang menyertakan data tanggal di dalamnya. Ada yang menuliskannya dengan angka, ada juga yang berupa nama bulan dan campuran angka dan teks seperti yang ada pada contoh di bawah ini:

Gambar 6.5: Contoh Jenis Data Tanggal (Tgl. Pinjam & Kembali)

d. Data Waktu: Format waktu akan tertulis berupa Jam:Menit:Detik jika dalam penulisan tidak ada perubahan formatnya. Ini artinya data yang muncul adalah data yang bersifat general tanpa melalui proses formatting. Contoh yang bisa kita tulis adalah data berupa jadwal pelajaran, waktu kehadiran dan pulang karyawan, jadwal penerbangan pesawat, dan data waktu lainnya.

Gambar 6.6: Contoh Jenis Data Waktu (Jam Masuk & Keluar)

Halaman Terkait:
| Jenis-jenis data | Menggunakan fill series | Menggunakan sort lists |

Post a Comment