Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Kita mesti mengetahui terlebih dahulu tentang lingkungan kerja pada OpenOffice.org spreadsheet, agar semua pekerjaan kita dapat diselesaikan dengan baik, karena di sanalah perintah dan fasilitas OpenOffice.org Calc berada.

Menu pada OpenOffice.org Calc

a. Fungsi Menu: Menu berisi kumpulan perintah yang dikelompokkan dalam susunan menu dan sub menu. Sub menu yang aktif ditandai dengan warna yang jelas dan dapat digunakan untuk memproses sel yang terpilih. Sedangkan sub menu yang tidak aktif berwarna abu-abu dan tidak dapat diakses (di-klik), kecuali setelah melalui perlakuan lain lebih dahulu. Misalnya: sub menu Merge Cell pada menu Format hanya akan menjadi aktif setelah memilih sel yang akan digabung dengan cara mem-blok sel yang akan digabung.

b. Macam-macam Menu: Menu ini sama seperti pada menu-menu OpenOffice lainnya, yaitu yang akan menghubungkan pada fasilitas OpenOffice.org Calc.

Gambar 5.16: Menu bar

Ada cara cepat untuk menggunakan menu ini. Jadi, kita tidak harus mengklik menu, tapi dengan cara menekan beberapa tombol pada keyboard. Misalnya untuk membuka dokumen baru kalau dari menu dengan cara:

Melalui Menu bar:
Klik File → New → Spreadsheet 

Gambar 5.17: Menu membuka dokumen baru

Melalui tombol: Perhatikan gambar menu di atas ...! Pada nama menu yang terdapat huruf bergaris bawah menunjukkan menu tersebut dapat dibuka dengan menekan tombol Alt berbarengan dengan huruf yang bergaris bawah.

Untuk membuka dokumen baru dengan cara:
Tekan Alt + FNS.
Artinya, sambil menekan tombol Alt + tekan FNS. (FNS: File New Spreadsheet).
Langkah ini dapat dipersingkat dengan menekan tombol CTRL+N yang diberi tahu di sebelah kanan nama menu.

Gambar 5.18: Cara cepat membuka dokumen baru

Berikut ini adalah menu penting dan fungsinya pada OpenOffice.org Calc: 

Tabel 5.1: Menu dalam OpenOffice.org Calc

Ada beberapa sub menu yang diberi tanda ceklis, artinya sub menu tersebut sedang aktif digunakan. Contohnya pada menu yang mengatur tampilan toolbar (View > Formula Bar) Untuk me-nonaktifkannya dengan cara klik mouse sekali lagi pada sub menu tersebut hingga hilang tanda ceklisnya.

Untuk mengaktifkan menu cukup dipilih dengan klik mouse pada menu yang ditunjuk, lalu pilih sub menu di bawahnya. Apabila pada sub menu terdapat tanda > maka artinya dalam sub menu tersebut masih ada sub menu lagi.

Halaman Terkait:
| Perangkat lunak pengolah angka | Mengenal openoffice.org calc | Sekilas tentang program pengolah angka | Toolbar dan ikon pada openoffice.org calc | Menggunakan menu dan ikon pada openoffice.org calc |

Post a Comment