Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Ada beberapa aplikasi perkantoran Open Source, dan diantaranya adalah OpenOffice.org, KOffice, dll. Dalam OpenOffice.org ada program khusus pengolah angka yaitu OpenOffice.org Calc.

OpenOffice.org calc adalah perangkat lunak pengolah angka, seperti halnya Excel pada MS.Office, dan di buat sebagai alternatif Excel. Aplikasi ini berjalan di Linux, dan dapat juga berjalan pada Windows serta bersifat Open Source, sehingga aplikasi ini dapat di gunakan dengan gratis. Untuk mendapatkanya bisa dengan cara download dari situs OpenOffice.org, yaitu: www.openoffice.org atau dengan mendapatkan filenya dari CD pada suatu majalah yang membahas tentang komputer.

a. Definisi: OpenOffice.org adalah kumpulan perangkat lunak aplikasi yang dapat dioperasikan dalam berbagai sistem operasi komputer. OpenOffice.org mendukung standar ISO 26300 Open Document Format (ODF) untuk pertukaran data sebagai standar format file. OpenOffice.org mampu mengenali bermacam-macam format dokumen, termasuk format Microsoft Office. OpenOffice.org awalnya diturunkan dari StarOffice, yaitu sebuah kumpulan perangkat lunak yang dikembangkan oleh StarDivision yang dibeli oleh Sun Microsystems. OpenOffice.org Calc adalah bagian dari OpenOffice.org yang merupakan salah satu jenis program pengolah angka yang bersifat open source.

b. Fungsi: OpenOffice.org Calc adalah program yang bekerja mengkhususkan pada bidang perhitungan. Ketika anda membuka OpenOffice.org Calc, maka akan tampil sebuah jendela spreadsheet baru yang terdiri dari beberapa sheet kosong. Sebuah spreadsheet bisa memiliki banyak sheet yang digunakan untuk menyusun berbagai macam jenis informasi yang berhubungan pada satu file spreadsheet.

c. Contoh program pengolah angka: Ada beberapa program atau perangkat lunak pengolah angka yang sering digunakan dewasa ini. Di antaranya adalah seperti berikut ini:

* Gambar 5.1: OpenOffice.org spreadsheet
* Gambar 5.2: Ms. Excel
* Gambar 5.3: Star Office

d. Aplikasi yang bisa dibuat dengan program pengolah angka: Banyak sekali aplikasi perkantoran yang dapat dibuat dengan program pengolah angka, khususnya OpenOffice.org spreadsheet yaitu: perhitungan gaji karyawan, absensi, daftar inventaris barang dan banyak lagi lainnya.

TIPS: Untuk mendapatkan tips OpenOffice.org, kunjungi - www.openofficetips.com

Halaman Terkait:
| Perangkat lunak pengolah angka | Mengenal openoffice.org calc | Menu toolbar dan ikon pada openoffice.org calc | Toolbar dan ikon pada openoffice.org calc | Menggunakan menu dan ikon pada openoffice.org calc |

Post a Comment