Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


a. Insert – Object - Chart

Blok tabel yang akan ditampilkan grafiknya. Aktifkan menu: Insert – Object – Chart, maka akan ditampilkan langkah pertama pembuatan grafik. Selanjutnya, memilih jenis grafik.

b. Chart Type

Adalah fasilitas untuk memilih jenis grafik. Pilih salah satu di bawah Choose a chart type. Ketika satu jenis grafik terpilih, misalnya: Column, maka di sebelah kanan ada beberapa variasi jenis yang tersedia. Anda tinggal memilihnya salah satu.

Tersedia juga jenis tampilan tiga dimensi (3-D). Klik pada pilihan 3D Look, maka di bawahnya akan muncul beberapa pilihan, dan pilih sesuai selera kita. Lalu Next

Lihat, gambar 4.33: Memilih jenis grafik

c. Data Range

Data range, adalah data dalam tabel yang nantinya akan dijadikan sebagai grafik. Apabila data sudah dibuat di awal, maka data range tidak perlu diisi lagi. Tetapi jika belum dibuat, maka dapat ditambahkan dengan mengaktifkan menu: View – Chart Data Table, kemudian isikan datanya.

Lihat, gambar 4.34: Menentukan data range

Ada dua pilihan data series, yaitu: Data Series in Row yang artinya data baris pertama pada tabel dijadikan label pada sumbu X grafik, dan yang kedua Data Series in Column, yang artinya kolom pertama pada pada tabel dijadikan sumbu X pada grafik. First row as label, artinya baris pertama pada tabel dijadikan sebagai label pada sumbu X grafik. First column as label, artinya kolom pertama pada tabel dijadikan sebagai label pada sumbu X grafik. Klik Next.

d. Data Series

Ada dua jenis data series pada contoh ini, yaitu: Series untuk laki-laki dan perempuan. Jika tidak ingin ditampilkan, dapat dihapus dengan cara klik tombol Remove. Sebaliknya, jika akan menambahkan series baru, maka: klik tombol Add. Ketik nama seriesnya pada Range for Name. Klik Next.

Lihat, gambar 4.35: Memilih Series

e. Chart Element

Langkah terakhir adalah melengkapi elemen grafik. Ketikkan judul grafik pada kotak Title. Isi sub judul, dan ketik-kan pada Subtitle. Ketik label pada Sumbu X pada X axis. Ketik label pada sumbu Y pada Y axis. Pada grafik dengan mode 3-Dimensi mempunyai sumbu Z, ketikkan labelnya pada Z axis.

Untuk menampilkan keterangan pada diagram, ceklis pada Display legend. Posisi keterangan pada diagram ini dapat kita atur dengan meng-klik Left (kiri), Right (kanan), Top (atas), dan Bottom (bawah).

Selanjutnya, adalah menambahkan grid. Untuk menambahkan garis mendatar, klik X axis pada Display Grid, dan Y axis untuk garis tegak. Klik Finish.

Lihat, gambar 4.36: Melengkapi komponen grafik

Tabel sudah selesai, dan hasilnya akan ditampilkan seperti berikut.

Lihat, gambar 4.37: Hasil akhir pembuatan grafik

Pada saat ini grafik sudah dapat ditampilkan di halaman naskah, dan caranya klik mouse di luar obyek grafik, maka kita akan kembali ke halaman naskah.

Penempatan grafik di dalam naskah dapat diatur, dengan menggeser grafik ke tempat posisinya dengan cara: klik drag sepeti layaknya sebuah gambar.

Halaman Terkait:
| Menyajikan data dengan grafik | Menyiapkan data | Memodifikasi grafik |

Post a Comment