Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Budaya Indonesia atau Budaya Ketimuran ditulis oleh : Rose Asni Latifah 
Indonesia terletak diantara dua benua. Yaitu benua Asia dan benua Australia, yang mana terletak di bagian timur dunia. Karena letaknya di bagian timur dunia, maka budaya Indonesia dipengaruhi oleh budaya ketimuran. 
Budaya timur terkenal dengan keramah tamahan, tutur kata yang lemah lembut dan sopan, saling menghargai satu sama lain, suka tolong menolong, selalu menjaga tali silaturrahmi, tingkat keagamaan yang tinggi dan pakaiannya yang tertutup dan tidak mengumbar aurat. Itu merupakan hal yang sangat kental bagi budaya timur. 
Bisa dibilang budaya timur itu berkiblat di Negara Arab Saudi. Oleh sebab itu, mayoritas penduduk di Indonesia beragama islam, meskipun beragam agama yang ada di Indonesia, tetapi agama islam adalah agama yang paling mendominasi. Agama islam mengajarkan untuk berpakaian yang sopan, tertutup dan tidak mengumbar aurat, itu sesuai dengan budaya Indonesia. 
Namun kenyataannya budaya Indonesia yang berpakaian sopan dan tertutup itu seakan-akan terkikis oleh adanya budaya barat. Sekarang ini orang Indonesia justru lebih menganggap budaya barat sebagai kiblat dalam bergaya dan busana, misalnya saja dalam berpakaian. 
Sudah tidak asing lagi bagi kita untuk menemui orang-orang yang berpakaian sedikit terbuka dan menunjukkan bentuk tubuhnya. Pemandangan seperti itu seakan sudah menjadi hal yang biasa di lingkungan kita. Namun, semakin mewabahnya budaya barat mempengaruhi budaya Indonesia, budaya timur juga tidak ketinggalan untuk kembali mempengaruhi budaya Indonesia. 
Sekarang ini sudah banyak remaja yang kembali berhijab. Itu bisa jadi dikarenakan munculnya trend-trend baru dalam menggunakan hijab dan model pakaian busana muslim yang menarik. Bahkan tidak hanya remaja yang berhijab dengan menggunakan berbagai model, bahkan anak-anak dan orang dewasa juga kelihatan sangat anggun jika menggunakan hijab degan berbagai model. Itulah yang membuat berhijab atau berjilbab banyak di gemari saat ini. Tidak hanya itu, banyak juga komunitas-komunitas yang menggunakan hijab sebagai iconnya. 
Masuknya budaya barat ke budaya Indonesia itu boleh saja, tapi kita sebagai orang yang terpelajar, akan lebih baik lagi jika kita menyaring budaya luar yang masuk ke Indonesia. Baik itu budaya timur ataupun barat, jangan sampai budaya luar itu mempengaruhi bahkan menghapus budaya Indonesia yang sudah ada.(IC/95+).

Post a Comment