Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Indonesia Belum Sepenuhnya Merdeka ditulis oleh : Ainu Royani 
Negara adalah organisasi yang mana didalamnya terdapat rakyat, wilayah yang permanen, dan pemerintah yang berdaulat. Merdeka yaitu pemerintahan sendiri oleh penduduk – penduduk sebuah negara yang secara umum menuntut kedaulatan sebuah negara.
Unsur terbentuknya negara ada 2 macam, yaitu unsur deklaratif yang artinya negara bisa terbentuk karena adanya pengakuan dari negara lain, sedang unsur konstitutif yaitu neagara terbentuk karena adanya wilayah, rakyat dan Pemerintah yang berdaulat.
Jadi arti negara merdeka adalah negara yang telah mencakup kedua unsur yaitu Konstitutif dan Deklaratif karena kedua unsur tersebut sangat mempengaruhi, jika tidak terpenuhi keduanya maka bisa dikatakan negara ini belum merdeka. \
Bendera merah putih berkibar di Indonesia 17 Agustus 1945 menandakan kemerdekaan telah dicapai masyarakat Indonesia dengan jerih payah dan penuh pengorbanan jiwa bangsa Indonesia, sang saka merah putih mempunyai arti tersendiri bagi Indonesia, merah berarti berani yang mana melambangkan tubuh masyarakat Indonesia dan putih berarti suci yang mana melambangkan jiwa masyarakat Indonesia, keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan sehingga terbentuknya negara ini yaitu negara Indonesia.
Semenjak proklamasi tahun 1945 negara ini sudah merdeka jika dikatakan dari segi hukum, tetapi menurut saya jika dilihat dari segi realnya Indonesia belum bisa dikatakan merdeka, karena Indonesia masih dijajah oleh kuku – kuku bangsa asing yang mana menancapkan investasinya d Indonesia yang mana memberikan keuntungan yang besar dari potensi SDA dan SDM kita, tetapi Indonesia sendiri tidak merasakan perubahan akan hal itu.
Selain itu, sekarang budaya kebarat – baratan sudah menjamur dikalangan remaja saat ini, contohnya cara berpakaian remaja daat ini sudah terkontaminasi budaya kebarat – baratan, ironisnya kebudayaan kita sendiri remaja saat ini sudah tidak menghiraukan seolah – olah melupakan kebudayaan kita, tak heran jika lagu daerah, tari tradisional bisa diklaim oleh negara jiran. (95+).

Post a Comment