Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Sudah lebih tiga dasawarsa orang Amerika Serikat sebagian besar kekurangan mineral, kalsium, dan vitamin (Dr. Donald Oberleas, Universitas Kentucky, Departemen Nutrition Et Food Sciences; dan Dr. William Strain, Direktur Laboratorium Trace Elements at Case Western Reserve University) sebab tiga hal (1) Diet harian semakin mengurangi porsi makan supaya tidak gemuk, maka asupan zat gizinya juga berkurang dan tidak memadai; (2) Mutu tanah di bumi (topsoil) sudah kritis (44 jenis mineral sudah luruh ke laut, 20 di antaranya tidak ditemukan lagi di tanah) selain tanah sudah tercemar bahan dari industri; (3) Akibat menu harian yang rata-rata olahan, dan polusi lingkungan kian memburuk.

Jika tubuh kekurangan zat gizi yang dibutuhkan, keseimbangan biokimiawi di dalam sel terganggu. Sel bagian terkecil dari jaringan. Jika fungsi sel terganggu, tubuh secara keseluruhan terganggu.

Di mata disiplin ilmu kedokteran Orthomolecular Medicine yang digagas oleh Dr. Linus Pauling, semua penyakit bermula dari gangguan di tingkat sel. Kini kesalahan gizi dianggap sumber dari begitu banyak keluhan, penyakit, gangguan, yang tidak perlu terjadi kalau kebutuhan semua zat gizi tubuh terpenuhi, takaran maupun ragamnya.

Selain vitamin, tubuh juga butuh Iebih 45 jenis elemen. Beberapa di antaranya bersifat esensial, atau tidak boleh tidak ada, dan tubuh sendiri tak bisa membuatnya. Semua itu diperlukan untuk mempertahankan kehidupan. Jika sampai kekurangan, fungsi tubuh, organ-organ tubuh, jaringan tubuh, terganggu. Biokimiawi di dalam sel menjadi tak seimbang. Penyakit muncul jika fungsi sel tidak optimal.

Vitamin dan mineral tidak memberi tenaga melainkan membantu menghasilkan energi tubuh dan reaksi kimia di dalam sel melalui ratusan enzim dan hormon sebagai pelancar reaksi kimiawi.
Penyakit, gangguan, dan keluhan orang modern, di penglihatan Orthomolecular Medicine, muncul sebab tubuh kekurangan zat-zat gizi yang sudah banyak hilang dari menu harian. Di antaranya, mineral, elemen, trace elements, maupun vitamin.

Pustaka
Resep Mudah tetap Sehat Oleh Dr. Hendrawan Nadesul

Post a Comment