Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips

Kulit bersih, kuku tangan dan kaki terawat, bahkan kulit tumit tidak pecah-pecah, tubuh tidak berbau. Banyak yang tidak menyadari, tubuh yang kian menua, meminta perlakuan yang berbeda. Ini pun berlaku juga untuk kulit. Bertambahnya usia, membuat kelenjar minyak yang berfungsi menjaga kelembapan kulit tak lagi berproduksi sempurna. Akibatnya, kulit terasa kasar dan kering.

Tak ada jalan lain, mandi harus menjadi ritual yang penting, terutama perawatan usai mandi, agar kulit tak cepat menjadi kering dan kusam. Untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulit, usahakanlah selalu memakai body oil usai mandi. Ingat, balurilah, urut dengan lembut, seluruh tubuh dengan body oil, mulai kaki, naik ke leher dan tangan dengan melewati badan, sampai ujung telinga. Satu yang utama, buanglah kebiasaan menggunakan bedak atau talk, yang sebenarnya memiliki efek untuk melebarkan pori-pori dan cenderung mengeringkan kulit.

Berikut beberapa bagian tubuh yang harus mendapatkan perhatian lebih, perawatan yang teratur seusai mandi:

- Perawatan tangan dan kuku merupakan pekerjaan harian yang cukup melelahkan. Sesungguhnya, waktu ideal untuk manikur atau pedikur ini adalah setelah berendam mandi ketika kuku dan kulit sedang mengalami pelembutan. Hal itu akan membuat mudah bagi kita untuk membersihkan kotoran kuku, bahkan tanpa harus memotongnya. Tarik dan tegangkan jari Anda, pijat pinggiran kuku dengan body oil. Lakukan dengan lembut dan ulangi beberapa kali, dengan pijatan memutar. Cara perawatan kuku yang menyehatkan adalah menggosok kuku dengan inti buah aprikot, minyak jojoba atau wheatgerm. Sapulah tangan dengan campuran pelembut yang terdiri atas sate sendok makan minyak almond manis dan lima tetes patchouli, lavender, dan lemon. Lakukan lebih sering, untuk membuat kuku dan tangan Anda bersih dan lembut.

- Upaya mempercantik gigi dengan cara memutihkan semakin nyaman. Kalau beberapa tahun lalu memutihkan gigi kadang diikuti dengan berkurangnya sensitivitas gigi. Kini, keluhan itu tidak lagi. Rahasianya, pemutih gigi harus mengandung kalsium dan fosfat, demikian menurut The Journal of The American Dental Association. Beli pasta gigi yang ada pemutihnya boleh juga dicoba.

- Kaki sering kali kita telantarkan. Acap kita menyadarinya, justru ketika tumit menebal dan atau mengelupas, luka. Untuk perawatannya, sapu atau semirlah kulit keras di sekitar tumit dan telapak kaki dengan scgenggam garam basah atau dengan mengasahkan sebuah bate apung di atasnya. Ketika Anda sedang di bak mandi, atau dalam posisi duduk, bengkokkan kaki Anda, pegang ujung jari kaki dan pijatlah dengan gerakan yang mengarah ke atas, mulai dari jari sampai ke kulit. Untuk merangsang aliran darah dan membuat kaki lebih cepat rileks, gerak-gerakkan jari-jari kaki Anda, lalu naikkan posisi paha lebih tinggi. Anda dapat menambah efek pijatan ringan tadi dengan baluran body oil. Untuk keperluan dedorizing dan merilekskan kaki, Anda dapat campurkan 3 tetes cypress oil (semacam pohon cemara) dan lavender dalam sebaskom air. Rendarn kaki Anda, dan pijatlah perlahan. Kaki yang bengkak karena kedinginan dapat dirawat dengan bahan pijatan yang terdiri atas campuran 3 tetes geranium, setetes lavender dan rosemary dalam sebuah sendok makan minyak berbasis almond manis. Anda bisa mencari bahan-bahan ini di toko yang menjual bahan aromaterapi.

- Balurkan body oil secara merata pada punggung, dan pijatlah dengan gerakkan memutar, mulai dari tengkuk sampai ke sisi pinggang Anda. Fokuskan pijatan ringan pada bagian pinggang, karena kulit bagian ini "bekerja" lebih berat dari bagian lain. Anda dapat meminta bantuan orang lain untuk bagian dalam punggung. Ingat, pijatan mengarah ke sisi luar tubuh dengan gerakan memutar. Lebih baik hanya menggunakan ibu jari dan jempol selama melakukan pemijatan.

- Sikut dapat segera membentuk lapisan pelindung yang keras berwarna abu-abu, tak terlihat seperti kulit. Pelembut yang baik untuk sikut yang keras adalah minyak almond manis dan oatmeal scrub (bahan gosokan dari makanan yang mengandung gandum). Campurkan tiga sendok makan minyak almond manis dengan tiga sendok makan oatmeal, dan campurkanlah hingga menjadi sebuah pasta dengan susu segar atau yoghurt. Usapkan dan gosok dengan lembut ke seluruh bagian sikut dan bagian tubuh lainnya yang sejenis (berwarna abu-abu), wilayah kulit sekitar lengan atas. Tambahkan enam tetes adas jika lengan masih terasa lembek. Sedangkan resep tradisional lainnya yang bisa dipakai dalam perawatan sikut adalah dengan menggunakan lemon. Potonglah sebuah lemon menjadi dua bagian. Peras airnya. Kemudian cekungan setengah lemon tersebut digosokkan ke sikut, perlahan-lahan.

Pustaka
Be a Diva: Atraktif Oleh Femi Olivia

Post a Comment