Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips



Poster merupakan bagian dari dunia periklanan yang sangat penting. Sampai hari ini poster masih digunakan untuk memasarkan suatu produk, baik berupa barang maupun jasa.

Koran sekolah, adalah: merupakan media 'belajar menulis' yang cukup berarti bagi para siswa. Berawal dari membuat tulisan di mading sekolah, kemudian koran sekolah, dan itu semua merupakan 'kawah candradimuka' bagi siswa untuk meningkatkan kemampuannya di dalam menulis.

Pada suatu unit usaha seperti: kafe, kantin, atau koperasi sekolah, maka 'Daftar Menu' adalah bagian yang penting. Karena, itu merupakan suatu informasi bagi pembeli tentang apa saja yang sedang dijual.
Harga makanan, tentunya juga salah satu pertimbangan penting bagi calon para pembeli.

Tujuan pembuatan poster adalah untuk menyampaikan pesan kepada khalayak tentang sesuatu, yaitu: apakah itu sebuah pengumuman, himbauan, atau undangan. Secara teknis, mungkin kita menganggapnya mudah, yaitu tinggal tulis saja pada selembar kertas, kemudian tempel gambar dan pasang di sepanjang jalan.
Sekarang masalahnya adalah: apakah pesan yang ingin disampaikan ke-dalam poster itu sampai atau tidak sampai kepada targetnya ...? Inilah yang jadi alasan, bahwa: membuat poster itu mudah tapi susah.

Artikel biasanya digunakan untuk menyampaikan ide, gagasan, atau fakta untuk meyakinkan, untuk mendidik, atau menawarkan cara-cara pemecahan masalah, bahkan dapat juga untuk menghibur pembacanya. Sedangkan Daftar Menu makanan di kantin sekolah, kafe, atau restoran, digunakan untuk memberikan informasi kepada pembeli tentang menu makanan apa saja yang dijual dan berapa harganya.
Tampilan yang segar dan menarik, juga akan menggoda pembacanya guna memilih menu-menu tersebut.

Poster, Artikel dan Daftar Menu adalah merupakan perangkat publikasi. Sebagai alat penyampai informasi agar lebih efektif dan sampai pada sasaran-nya, maka: harus memenuhi syarat minimal bagi suatu pesan yang terkandung di dalamnya agar 'mudah dipahami, menarik orang lain untuk membacanya, serta melakukan kegiatan yang merupakan tujuan dari karya tersebut yang dibuat'.

Halaman Terkait:
| Membuat poster | Membuat artikel | Membuat daftar menu |

Post a Comment