Ads (728x90)

Latest Post

Kesehatan

Tips


Pada pembuatan buletin atau buku yang lebar halamannya relatif kecil, penomoran halaman dapat dengan mudah dilakukan dengan OpenOffice Writer. Nomor halaman hampir selalu ada di setiap halaman, dan dapat diletakkan di bagian atas, atau di bagian bawah.

a. Header

Header adalah bagian dari naskah yang posisinya di bagian paling atas halaman dan selalu ditampilkan di setiap halaman. Biasanya header ini digunakan untuk menuliskan judul bab, edisi sebuah media publikasi berupa tanggal.

Untuk mengaktifkan header dalam sebuah dokumen, aktifkan menu: Format – Page. Kemudian pilih tab Header. Ceklis pada Header on, maka akan ditampilkan kotak teks tempat mengetikan teks header.



b. Footer

Footer adalah bagian dari naskah yang posisinya di bagian paling bawah halaman, dan selalu ditampilkan di setiap halaman. Biasanya, footer ini digunakan untuk menuliskan sumber atau nomor halaman.

Untuk mengaktifkan footer dalam sebuah dokumen, aktifkan menu: Format – Page. Kemudian pilih tab Footer. Ceklis pada Footer on, maka akan ditampilkan kotak teks tempat mengetikan teks footer.



c. Menambahkan nomor halaman

Jika nomor halaman ditambahkan pada footer, maka klik mouse pada footer. Posisikan kursor di bagian kanan atau kiri. Aktifkan menu: Insert – Field – Page Number.

TIPS: Jika posisi nomor halaman ganjil dan genap berbeda, maka yang harus disiasati adalah: hilangkan ceklis pada Same content left/right. Kemudian aktifkan Insert – Field – Page Number pada halaman ganjil dan halaman genap.

Halaman Terkait:
| Membuat artikel | Membuat teks berkolom | Menambahkan dropcaps | Menambahkan gambar ilustrasi |

Post a Comment